HIPMI Harus Jadi Lokomotif Pengusaha

0
178
Foto: Ketua BPC HIPMI Sikka Yohanes Agustinus Masteriano memberikan cinderamata kepada Wabup Sikka Paolus Nong Susar saat pembukaan Rakercab dab Diklatcab I BPC HIPMI sedaratan Flores Lembata dan Kabupaten Kupang di Sibakloang Gallery and Coffee, Senin (6/11)

NTTsatu.com – MAUMERE – Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedaratan Flores Lembata dan Kabupaten Kupang menggelar Rakercab dan Diklatcab I, Senin (6/11). Kegiatan dengan tajuk Konsolidasi Organisasi Menuju Pembaharuan Ekonomi Pemuda ini terpusat di depan Sibakloang Gallery and Coffee di Pusat Jajanan dan Cinderamata. HIPMI diharapkan bisa menjadi lokomotif bagi pengusaha.

Sebelumnya kegiatan yang sama dilaksanakan pekan lalu di Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara untuk BPC HIPMI sedaratan Timor. Menurut rencana, setelah dari Maumere, agenda yang sama ini juga akan digelar bagi BPC HIPMI untuk empat kabupaten di Pulau Sumba.

Ketua BPD HIPMI NTT Fahmi Abdullah mengatakan pelaksanaan Rakercab dan Diklatcab sengaja disatukan untuk sejumlah BPC karena alasan kondisi wilayah. BPD HIPMI NTT mempercepat pelaksanaan Rakercab dan Diklatcab karena menjelang akhir wadah pengusaha muda ini akan menyeenggarakan Muswarah Daerah (Musda) untuk memilih kepengurusan yang baru di tingkat NTT.

Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar yang membuka kegiatan ini, menaruh harapan besar kepada para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI. Sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk memberikan dukungan agar pengusaha muda mampu memiliki daya saing dan daya juang yang lebih sehat dan berkualitas.

Dia mengatakan dalam banyak hal pemerintah perlu bergandengtangan dengan pengusaha muda. Paolus Nong Susar memberikan perhatian khusus kepada pembangunan pada sektor kepariwisataan. Dia berharap para pengusaha muda bisa melirik sektor ini untuk dikembangkan di daerah-daerah masing-masing.

Fahmi Abdullah menegaskan bahwa saaat ini perubahan ekonomi begitu drastis dengan munculnya teknologi informasi yang kian canggih. Dia meyakini tidak ada orang yang mampu menahan lajunya perubahan tersebut. Untuk itu,  pesan dia, para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI harus cepat menyesuaikan dengan perubahan yang ada.

Fahmi berharap Rakercab dan Diklatcab selama satu hari penuh itu bisa menjadi referensi penting bagi para pengusaha muda untuk berakselerasi pada dunia bisnis yang digeluti. Sharing pengalaman dan berbagi informasi pada kegiatan ini sangat penting untuk eksistensi setiap pengusaha muda.

Djemi Lassa, salah seorang anggota HIPMI NTT yang disebut-sebut sebagai calon kuat menggantikan Fahmi Abdullah memberikan motivasi yang kuat kepada pengusaha muda. Pada kesempatan itu dia membawakan materi Ekonomi Kreatif Sebagai Daya Dorong Pembangunan Daerah. Dia membeberkan berbagai hal dan pengalamannya selama menggeluti bisnis.

Dia mengatakan pengusaha memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan di daerah. HIPMI yang merupakan wadah pengusaha muda perlu memainkan peran yang serius dan profesional agar pengusaha-pengusaha muda memiliki motivasi lebih sebagai anak bangsa. Karena itu, HIMPI harus menjadi lokomotif bagi pengusaha, gerbong yang bergerak dalam rel yang benar dan tepat demi kemajuan bangsa dan daerah.

Pada kesempatan pembukaan Rakercab dan Diklatcab, Ketua BPC HIPMI Sikka Yohanes Agustinus Masteriano memberikan cinderamata kepada Wabup Sikka Paolus Nong Susar. Cinderamata yang diberikan sangat sederhana yakni berupa sebuah bingkisan yang berisikan kopi rubusta. (vic)

Komentar ANDA?