Humas Harus Jadi Juru Bicara yang Proaktif

0
144

KUPANG. NTTsatu.com – Kepala Biro Humas Setda NTT, Semuel Pakereng menyatakan, Biro Humas sebagai Juru Bicara Kepala Daerah sangatlah vital dan strategis. Karena itu orang Humas harus menjadi juru bicara yang proaktif sehingga menjadi sumber informasi.

Penegasan tersebut  disampaikan oleh Kepala Biro (Karo) Humas Setda Provinsi  NTT, Drs. Semuel Pakereng, M.Si saat menjadi narasumber pada Pertemuan Badan Koordinasi (Bakohumas) Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Rabu (20/4) di Hotel Romyta Kupang. Tema yang diusung dalam pertemuan Bakohumas yang digelar untuk pertama kali di tahun 2016 adalah “Revitalisasi Peran Kehumasan Lingkup Pemerintah Provinsi NTT”.

Dimoderatori oleh Kasubag Penerbitan Biro Humas Setda, Lucius W. Luly, S.STP, MA, kegiatan tersebut dihadiri oleh utusan bagian Humas SKPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Humas TNI/Polri serta Instansi Vertikal dan perwakilan media.

Kepala Biro Humas NTT menyatakan bahwa fungsi Biro Humas sebagai Juru Bicara Kepala Daerah sangatlah vital dan strategis. “Humas harus menjadi sumber informasi awal kegiatan pimpinan. Segala kegiatan Gubernur dan Wakil Gubernur termasuk yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli atau pimpinan SKPD harus diberitakan agar masyarakat mengetahui kegiatan pemimpinnya,” jelas Semuel Pakereng yang baru menjabat Karo Humas NTT kurang lebih sebulan.

Terkait dengan hal itu, Semuel Pakereng mengharapkan agar Bagian Humas SKPD harus berperan aktif dan bekerjasama dengan Biro Humas NTT.

“Kita berharap agar kegiatan penyampaian informasi kepada media atau publik dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan Biro Humas demi membangun kesepahaman serta kebersamaan,” kata  Pakereng sambil menyatakan, Visi Biro Humas NTT adalah Terwujudnya Pengelolaan Kehumasan yang Profesional guna mendukung Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik.

Dalam kesempatan tersebut, Semuel juga menyinggung tentang peran Humas dalam era Digital. Humas harus mampu memanfaatkan kemajuan tekhnologi.

“Internet menjadi bagian penting dalam penyampaian informasi. Humas hendaknya eksis di internet dan sosial media,” jelasnya.

Semuel dalam materinya. Mengutip hasil penelitian yang diekspose di internet, Karo Humas membeberkan bahwa 98% wartawan terhubung setiap hari untuk memeriksa email.

Di akhir pemaparannya, Karo Humas menegaskan pentingnya kerjasama dengan media. Media menjadi mitra penting dalam menyebarluaskan program-program pemerintah.

“Tugas Biro Humas adalah membangun relasi yang konstruktif dengan media agar pemberitaan tentang kegiatan pemerintahan bisa berimbang. Siaran-siaran pers akan terus ditingkatkan,” pungkasnya sambil berjanji dalam waktu dekat  akan segera mengadakan pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa serta membangun press room yang lengkap dengan seluruh fasilitasnya. (Biro Humas  Setda NTT)

=====

Foto: Perseta Rapat Bakohumas fato bersama usai kegiatan di Kupang, Rabu, 20 April 2016

Komentar ANDA?