HUT Ke-14, STIKOM Bali Terobsesi Menjadi Kampus Yang Jaya

0
160
Foto” Pejabat STIKOM Bali foto bersama mitra terbaik penerima penghargaan STIKOM Bali Awards dalam acara Dies Natalis XIV STIMIK STIKOM Bali di Hotel Sanur Paradise

DENPASAR. NTTsatu.com – Kejayaan yang bertanggungjawab adalah tema Dies Natalis XIV STIKOM Bali kali ini yang mengandung makna bahwa kehadiran STIKOM Bali haruslah bermanfaat bagi masyarakat Bali,  bangsa dan negara. Wujud tanggung jawab itu adalah tanggung jawab secara akademik dan tanggung sosial STIKOM Bali terhadap perjalanan selama 14 tahun, sejak berdiri pada 10 Agustus 2002.

“Kami menyadari,  kepercayaan masyarakat Bali  begitu besar, terbukti sejak awal berdiri hanya dengan 42 mahasiswa, kini STIKOM Bali memiliki  lebih dari 6.000 mahasiswa. Jumlah alumni 3.823 orang,  diantaranya 51 orang bergelar dual degree yakni Sarjana Komputer (S.Kom) dari STIKOM Bali dan Bachelor of Information Technoloy (BIT) dari Help University Kuala Lumpur. Tanggung jawab  akademik STIKOM Bali adalah menghasilkan lulusan berkualitas dalam rentang waktu antara 3,5-5 tahun untuk tingkat S1 atau 2,5-3,5 tahun untuk D-3,” kata Dadang Hermawan, Ketua STIKOM Bali di sela-sela acara malam puncak Dies Natalis XIV STIKOM Bali di Sanur, Rabu (10/08).

Bukti tanggung jawab akademik ini makin nyata, kata Dadang, setelah semua  prodi di STIKOM Bali yakni  prodi Sistem Komputer, Sistem Informasi dan Manajemen Informatika terakreditasi B dari  BAN-PT dan menjadi satu-satunya PTS bidang IT di Bali dan Nusra  yang seluruh prodinya  terakreditasi B.

“Dengan Akreditasi B maka STIKOM Bali menjadi kampus yang cocok bagi lulusan SMA/SMK melanjutkan pendidikannya. Apalagi rekrutment PNS  sesuai regulasi Kementerian  PAN & RB mengharuskan lulusan berasal dari perguruan tinggi  terakreditasi minimal B. Begitu juga Surat Edaran Menteri PAN & RB No.04 Tahun 2013  tentang Pemberian Tugas Belajar dan Izin Belajar bagi PNS haruslah ke perguruan tinggi yang prodinya terakreditasi minimal B,” kata Dadang Hermawan.

Terhadap para alumni, STIKOM BALI juga tetap memiliki  jawab sosial,  memonitor kiprah alumni di manapun. Berdasarkan hasil survey, tidak ada alumni STIKOM Bali yang menganggur. Alumni STIKOM Bali berkiprah  sebagai PNS, TNI, Polri, karyawan BUMN / BUMD / swasta atau meciptakan lapangan kerja sendiri.  Mereka yang lulus test PNS  menempati ranking teratas. Sedangkan bagi mereka yang menciptakan lapangan kerja sendiri, umumnya sangat berhasil, seperti halnya BOSSWEB di Denpasar atau Jarvis Store di Bandung yang belum lama ini  diundang ke markas Google di Amerika Serikat.

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Prof. Dr. I Made Bandem, MA menambahkan, tanggung jawab sosial STIKOM Bali terhadap pemerintah dan masyarakat Bali  dapat ditunjukkan melalui berbagai tugas akhir mahasiswa yang mengolaborasikan IT dengan seni dan budaya Bali. Selain itu, STIKOM Bali  rutin  road show ke SMA/SMK  di seluruh Bali untuk mengedukasi para siswa tentang pengunaan ICT secara sehat dan bermanfaat serta mengubah mindset mereka yang selama ini berorientasi menjadi PNS agar menjadi entrepreneurship.

Pada tahun 2015,  STIKOM Bali adalah satu-satunya perguruan tinggi di Bali yang mendapat kepercayaan internasional sebagai mitra  strategis Dr. Edward Herbst dari City  University of New York dan Arbiter of Cultural Traditions di New York dalam proyek bergengsi “Bali 1928” yang bertajuk Restoration, Dissemination and Repatriation of the Earli­est Music Recording And Films in Bali. Yakni sebuah proyek untuk mencari dan membawa pulang warisan budaya Bali (film dan rekaman musik tahun 1928-1934) yang tersebar di luar negeri kemudian memproduksi ulang, memperbanyak dan disumbangkan kepada pemerintah dan masyarakat Bali.

Khusus untuk Pemerintah Kota Denpasar kami telah meluncurkan aplikasi tentang Area Traffic Control System (ATCS) pada Minggu, 22/05/2016 yang sangat bermanfaat bagi masyarakat pengguna jalan di kota Denpasar. “Inilah beberapa wujud tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat dan Pemerintah Bali,’ kata Prof.  Bandem.

Menurut Prof.  Bandem, semua bukti kejayaan STIKOM Bali ini makin diperkuat oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dengan menempatkan STIKOM Bali pada ranking 3 terbaik nasional kategori sekolah tinggi IT, berdasarkan SK MenristeK dan Dikti RI  No: 492.a/Kp/VIII/2015 Tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015 Tanggal 14 Agustus 2015.

Pada kesempatan ini STIKOM Bali memberikan penghargaan STIKOM Bali Award kepada mitra terbaik dan SKPD ter-IT. Acara ini juga dihadiri oleh Sekjen Aptisi Pusat Prof. Dr. Suyanto. (rsn)

 

Komentar ANDA?