Hut RI ke- 72 di Kota Ruteng Dimeriahkan Dengan Tarian NdunNdake

0
217
Foto: Tarian "Ndu Ndake" siap pemeriahkan HUT RI ke-72 di Ruteng, Manggarai

NTTsatu.com – RUTENG – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 72 dan wujud melestarikan tarian adat Manggarai “Ndu Ndake” akan ditampilkan tarian ini dengan jumlah penari sebanyak 2017 orang dari tingkat SMP, SMA/SMK dan Pramuka di Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sebanyak 2017 orang penari siap memeriahkan HUT RI ke- 72,” kata Felix Edon kepala Bidang Kebudayaan Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Manggarai.

Kepada NTTsatu.com Rabu 16 Agustus 2017 Edon menjelaskan,  tarian “Ndu Ndake”  memiliki nilai rasa kegembiraan, kebersamaan dan persatuan yang biasa dipertunjukkan pada ritual pesta adat “Penti” pesta masyarakat adat kampung di Manggarai.

Dia mengatakan Tarian yang penuh nuansa kegembiraan dan persaudaraan perlu  ditanamkan dan disosialisasikan kepada generasi penerus. “Sebagai ungkapan rasa gembira warga kampung, tarian Ndu Ndake biasa ditarikan saat pesta adat penti,” kata musisi dan pencipta lagu ternama di Manggarai Raya ini.

Selain itu belasan musisi musik tradisional dari sanggar budaya juga ikut mendendangkan irama tradisional, dengan menggunakan alat musik tradisional Manggarai gong dan gendang   akan memainkan   irama “kedendik” dan “Ndu Ndake” mengiringi  gerak langkah 2017 penari.

Foto: Felix Edon kepala Bidang Kebudayaan Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Manggarai.

Felix menjelaskan penampilan  seribu penari  “Ndu Ndake” sudah pernah disaksikan oleh peserta Tour de Flores ( TdF)  pada bulan Juli lalu  diikuti oleh seribu penari  dari Aparatur Sipil Negara ( ASN), TNI, Polri, dan anggota Sanggar budaya.

“Agar lebih dikenal  tari Ndu Ndake pada HUT RI ke 72 kali ini  melibatkan para pelajar sebagai generasi penerus dalam rangka  mewujudkan pelestarian budaya Manggarai kepada para remaja dan pemuda,” Ujar Felix.

Dikatakan Felix, dalam merancang  dan melatih tarian untuk 2017 penari tersebut,  dirinya sebagai kordinator dan pelatih melibatkan partisipasi seniman lokal agar tarian yang akan ditampilkan tersebut nampak indah  dan bisa dinikmati oleh penonton saat atraksi  HUT RI ke -72 pada Kamis 17 Agustus 2017  setelah upacara bendera yang dilanjutkan dengan atraksi-atraksi memeriahkan HUT RI.

Dia berharap dengan penampilan  tarian  masal  “Ndu Ndake” tersebut, tarian  tradisional Manggarai semakin dikenal oleh masyrakat dan  genarasi penerus  yang kemudian dapat dilestarikan di dalam kehidupan mereka. (mus)

Komentar ANDA?