Ikan, Sayuran dan Rokok Pemicu Inflasi Januari 2023 Kota Maumere 0,92 Persen

0
441

NTTSATU.COM — MAUMERE — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka mencatat indeks harga konsumen di Kota Maumere pada Desember 2022 mengalami inflasi sebesar 0,92 persen.atau kenaikan Indek Harga Konsumen (IHK) dari 113,54 pada bulan Desember 2022 menjadi 114.59 pada Januari 2021 .

Demikian disampaikan Kepala BPS Sikka Kristanto ET,MSi kepada media oneline Nttsatu.com Rabu 1/01/2023 di ruangan kerjanya.

Lebih lanjut Kristanto menjelaskan bahwa kondisi ini menggambarkan bahwa tingkat harga di Kota Maumere pada bulan ini secara umum mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.
Jika dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya, kenaikan harga pada bulan ini masih sedikit lebih rendah. Pada bulan Desember 2022 Kota Maumere mengalami Inflasi sebesar 1.08 persen, sedangkan pada Januari 2023 ini Kota Maumere mengalami Inflasi hanya sebesar 0.92 persen.

Mengenai faktor apa yang menyebabkan terjadinya inflasi pada bulan pertama tahun 2023 Kristanto menjelaskan bahwa karena adanya peningkatan indeks harga pada 5 dari 11 kelompok pengeluaran. Kelompok pengeluaran yang mengalami peningkatan indeks harga paling besar adalah Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 3.02 persen dan diikuti oleh Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,59 persen.

Menjawabai wartawan tentang komoditi mana yang mendominasi dalam memberikan kontribusi terjadinya inflasi kristanto menjelaskan bahwa Komoditas yang dominan memberikan andil terhadap inflasi yang menyebabkan peningkatan harga pada bulan Januari pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau adalah ikan selar; ikan layang; ikan tuna; dan ikan tongkol; sawi hijau; daging ayam ras; bawang merah; tomat; cabai rawit; serta tembakau (rokok) yang mengalami peningkatan harga sebagai akibat adanya kenaikan cukai rokok yang diberlakukan pemerintah sejak 1 Januari 2023 yang lalu.

Sedangkan komoditas yang dominan pada Kelompok Perawatan Pribadi memberikan persentase rata-rata peningkatan harga, adalah emas perhiasaan; pembalut wanita; minyak rambut; hand body lotion; pasta gigi; dan bedak.l

Lebih lanjut Kristantos menekankan bahwa Kota Maumere pada Januari 2023 mengalami Inflasi year on year sebesar 5.85 persen, lebih rendah dibandingkan Desember 2022 yang mencapai 6,25 persen. Keberhasilan menurunnya angka inflasi tahunan ini patut disyukuri namun harus tetap waspada ditengah kondisi ketidakpastian perekonomian global ini.

Bagaimana harapan BPS sebagai sumber data Inflasi dalam menghasilkan angka inflasi yang cukup tinggi Kristanto perlu ada yang menjaga stabilitas harga di Kota Maumere, maka semua stakeholder perlu memahami dinamika iklim dan cuaca serta perlu adanya manajemen stok yang baik dengan menjaga jalur distribusi agar kenaikan harga dapat dikendalikan (ino)

Komentar ANDA?