Ili Lewotolok Erupsi Lagi, Penerbangan Wings Air Kupang-Lewoleba Dibatalkan

0
625
NTTSATU.COM — LEMBATA —  Maskapai Wings Air membatalkan penerbangan rute Kupang-Lewoleba dan Lewoleba-Kupang. Penerbangan dibatalkan karena bandara ditutup akibat erupsi Gunung Ili Lewotolok.

 

“Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini berdasarkan pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam bahwa operasional Bandar Udara Wonopito, Lewoleba di Pulau Lembata, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, ditutup sementara,” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

“Penutupan bandar udara adalah dampak dari erupsi dan aktivitas Gunung Ili Lewotolok. Sebagai informasi penting, material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak pesawat udara, sehingga membahayakan penerbangan,” sambungnya.

Dia mengatakan, penerbangan yang dibatalkan itu adalah penerbangan nomor IW-1994 rute Kupang-Lewoleba dan penerbangan nomor IW-1995 rute Lewoleba-Kupang. Danang mengatakan penerbangan dibatalkan demi menjamin keselamatan awak dan penumpang.

“Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan,” ucapnya.

Dia mengatakan, informasi pembatalan penerbangan telah disampaikan ke para penumpang. Dia menyebut penumpang yang terdampak pembatalan penerbangan bakal diberi penjadwalan ulang pada hari berikutnya.

“Operasional penerbangan Wings Air akan menyesuaikan (melayani atau terbang kembali) menurut keputusan otoritas bandar udara dan bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk lepas landas serta mendarat,” tuturnya. (*/che)

Komentar ANDA?