Ini Enam Cara Mencegah Kanker Mulut

0
197

NTTsatu.com – Rongga mulut terdiri dari bibir, lapisan pipi, kelenjar ludah, langit-langit lunak, langit-langit keras, uvula, gusi, amandel, lidah dan daerah di bawah lidah. Ketika kanker menyerang salah satu bagian dari rongga mulut, itu kemudian disebut sebagai kanker mulut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker mulut.
1. Merokok
Menggunakan tembakau dalam bentuk seperti rokok, cerutu, pipa atau bahkan mengunyah tembakau dapat menyebabkan kanker mulut. Semakin banyak rokok yang Anda isap, semakin tinggi risiko kanker mulut yang Anda miliki.

2. Konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Risiko itu akan meningkat sesuai dengan jumlah alkohol yang Anda minum setiap hari. Orang yang rutin minum alkohol memiliki risiko tiga kali lebih tinggi terkena kanker mulut dibanding orang yang tidak minum alkohol sama sekali.

3. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kanker mulut, terutama kanker bibir. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan pada wajah, khususnya bibir Anda.

4. Menjaga kesehatan mulut
Mulut yang sehat dapat membantu melawan pertumbuhan kanker di sekitar rongga mulut. Pastikan bahwa Anda rajin menyikat gigi dan rutin menggunakan benang gigi, serta rajin membersihkan lidah Anda setiap hari.

5. Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu melawan pertumbuhan kanker.

6. Makan makanan yang sehat
Konsumsi makanan sehat seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, teh hijau, tomat, kwaci, dll. Dan Anda juga perlu memperbanyak makan buah-buahan segar seperti stroberi, apel, mangga, dll.

Inilah enam cara ampuh dalam mencegah kanker mulut. Jika Anda termasuk perokok berat, segera berhenti merokok karena itu bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker mulut. (sumber : merdeka.com)

Komentar ANDA?