Inilah  Tahapan dan Jadwal Pilkades di Lembata, Gong Pilkades Ditabuh

0
511

NTTsatu.com — LEMBATA —  Panitia Kabupaten dalam Pilkades serentak 144 desa (seluruh desa) pada 9 Kecamatan di Lembata, gelar rapat koordinasi lanjutan sebagai tindak lanjut dari keputusan Bupati Lembata nomor 454/2021 tentang tahapan dan jadwal pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Lembata. Gong Pilkades kini ditabuh, siapa yang bakal bertarung di hajatan suksesi kepemimpinan pemerintahan tingkat desa ini, silahkan ikuti tahapan dan jadwalnya.

Mengambil tempat di pelataran Kantor Dinas PMD Lembata, berlangsung rapat koordinasi bidang pengendalian data, informasi, logistik dan teknis penyelenggaraan Pilkades serentak yang dihadiri unsur OPD terkait bersama KPUD Lembata.

Ketua Bidang I Panitia Pilkades Serentak, Said Kopong, yang ditemui sejumlah awak media mengatakan bidang 1 dengan tugas pengendalian data, informasi, logistik dan teknis penyelenggaraan  sangat berperan penting.

“Ini merupakan rapat lanjutan dari rapat perdana 8 Juli lalu. Agenda rapat saat ini tentang penajaman tugas bidang 1, pembahasan sosialisasi, kemudian strategi pemutakhiran data pemilih khususnya di wilayah Kec. Ile Ape dan Kec. Ile Ape Timur yang terdampak badai Seroja serta menyamakan persepsi tentang mekanisme penyelesaian sengketa”.
“Tadi juga disampaikan agar semua personil bidang 1 bekali diri dengan regulasi diantaranya Permendagri 65/2017, Perda Kab. Lembata 1/2018 dan Perbup Lembata 65/2018”.
“Kami juga mengapresasi dukungan KPUD Lembata terhadap Pemkab dalam penyiapan dokumen DPT pemilu terakhir dan daftar pemilih berkelanjutan sebagai data awal yang nanti akan dipadukan dengan DP4 dukcapil” terangnya.
Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dukcapil Lembata, Siprianus Suya, yang dikonfirmasi Wartawan menjelaskan “Terkait daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), Dukcapil Lembata tidak diberi akses oleh Kemendagri terhadap data by name by adress. Namun berkaitan dengan Pilkades serentak, kami telah menyurati Dirjen Dukcapil Kemendagri dimana masih berproses untuk memberikan akses. Paling lambat tanggal 25 Juli diharapkan data dimaksud sudah diserahkan oleh pihak Kemendagri kepada kita”.
“Untuk jumlah penduduk Lembata keadaan 31 Desember 2020 sendiri sebanyak 139.889 jiwa dimana penduduk laki-laki ada 67.922 jiwa dan wanita ada 71.967 jiwa. Sementara untuk data perekaman E-KTP, yang sudah merekam ada 86.950 jiwa sedangkan yang belum itu ada 52.347 jiwa,” ujarnya.

Berdasarkan keputusan Bupati Lembata nomor 454/2021 tentang tahapan dan jadwal pilkades serentak tahun 2021, beberapa hal yang dihimpun NTTsatu.com.

Tahapan Waktu Pelaksanaan
Bentuk panitia pemilihan dan pengawas Desa 29 Juli – 7 Agustus
Bimtek Panitia Pemilihan 11-13 Agustus
Pengumuman DPS 2-4 September
Pengumuman Pemilih Tambahan 5-7 September
Pengumuman DPT 11-13 September
Pengumuman Pendaftaran Bacalon 11-13 September
Pengumuman Hasil Penelitian Persyaratan 4 Oktober
Masukan Masyarakat 5-7 Oktober
Pengundian nomor urut Calon bagi Desa memenuhi Syarat 13 Oktober
Pengundian nomor urut Calon bagi Desa  yang lakukan penjaringan ulang 29 Oktober
Masa Kampanye 2-4 November
Masa Tenang 5-7 November
Pemungutan, Perhitungan Suara dan Penetapan 8 November
Pengajuan Keberatan terhadap penetapan hasil 9 November
Keputusan Bupati tentang pengesahan pengangkatan Kades 19 November-18 Desember
Pelantikan Kades 28 Desember

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lembata, Kedang Paulus, selaku koordinator bidang 1 panita Pilkades harapkan dukungan semua anggota dalam koordinasi dan pengendalian teknis Pilkades sejak tahap perencanaan kegiatan.

“Saya minta dukungan dan kerjasama serta mekanisme yang jelas termasuk dalam proses penanganan permasalahan. Saya minta kita semua bekerjasama, sama-sama bekerja, bekerja iklas, bekerja cerdas dan bekerja dengan tuntas meski ditengah pandemi Covid”.

Ditegaskannya pula perlu sosialisasi yang intens sehingga sama persepsi terhadap regulasi pelaksanaan Pilkades agar tidak multitafsir. (*/tim)

Komentar ANDA?