Jacob Nuwa Wea, Tokoh Nasional dan Pekerja Keras Asal NTT Meninggal Dunia

0
215

KUPANG. NTTsatu.com – Yacob N uwa Wea, Menteri era Kabinet Gotong Royong, meninggal dunia di Rumah Sakit Gleaneagles Penang, Malaysia, Sabtu (9/4). Jacob meninggal karena sakit, jenasahnya akan dimakamkan di Jakrata, Rabu, 13 April 2016 di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengakui, sosok Jacob Nuwa Wea adalah seorang tokoh nasional dan pekerja keras yang patut diteladani.

“Atas nama Pemerintah dan Masyarakat NTT saya menyatakan turut berduka cita atas meninggalnya bapak Yakob Nuwa Wea. Pak Yakob adalah tokoh nasional dan pekerja keras. NTT tentu merasa sangat kehilangan.” Kata Frans Lebu Raya pada acara Pengukuhan Badan Pengurus Ikatan Keluarga Manggarai Raya (IKMR) Kupang di aula GOR Flobamora Oepoi, Sabtu (9/4/2016) malam.

Acara pengukuhan ini dihadiri pula Anggota DPR RI, Benny K Harman dan Jefri Riwu Kore serta Senator, Andre Garut. Walikota Kupang dan para tokoh Manggarai lainnya.

Menurut Lebu Raya, berita meninggalnya Yakob Nuwa Wea merupakan berita duka bagi masyarakat NTT.

“Yakob Nuwa Wea menderita sakit sejak ikut memenangkan pilkada di salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan. Sejak saat itu pak Yakop terus menderita sakit hingga meninggal dunia di Malaysia,” kata Lebu Raya.

Dikatakan, Yakob Nuwa Wea juga merupakan kader PDIP yang kemudian dipercaya menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Banyak hal sudah beliau buat terutama untuk NTT. Kita semua tentu merasakan bagaimana perjuangan yang dilakukan Pak Yakob untuk pembangunan bangsa dan terutama di wilayah NTT ini.

“Kita berharap, apa yang diperjuangkan paka Yakob bisa dilanjutkab oleh tokoh-tokoh nasional asal NTT yang lain. Seperti pak Benny Harman, pak Jefri Riwu Kore dan yang lainnya. Kita tentu berbangga dengan apa yang pernah dibuat dan dilakukan pak Nuwa Wea,” kata Lebu Raya.*

Untuk diketahui, Jenazah Menteri era Kabinet Gotong Royong, Jacob Nuwa Wea telah tiba dengan pesawat khusus di Halim Perdana Kusuma jam 13.00 WIB, Sabtu (9/4). Jenazah langsung disemayamkan di Rumah Duka RS Atmajaya, Pluit, selama dua hari, hari Minggu dan Senin.

Pada hari Selasa (12/4), jenazah di semayamkan di Aula Kemenaker RI Jalan Gatot Subroto.

Rabu pagi (13/4), dilakukan misa pelepasan jenazah Jacob Nuwa Wea di Gereja Katedral. Misa ini dipimpin Uskup Agung Ignasius Suharyo. Setelah Misa, jenazah langsung diberangkatkan menuju San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, untuk Pemakaman. (*)

======

Foto: Jacob Nuwa Wea (ist)

Komentar ANDA?