Jadilah Pemuda Hebat, Penakluk Dunia

0
285
Foto: Gubernur NTT, Frans Lebu Raya selaku Irup pada Peringatan HUT Sumpah Pemuda di alun-alun Ruja Gubernur NTT

KUPANG. NTTsatu.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengharapkan pemuda di seluruh Indonesia  harus menjadi pemuda hebat dan bisa menaklukkan dunia.

“Dengan pemuda yang hebat, kita benar-benar bisa menaklukkan dunia. Jumlah yang besar tidaklah cukup, tanpa diimbangi kualitas yang baik,” demikian salah satu petikan sambutan Menpora RI, Imam Nahrawi yang dibacakan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 pagi tadi, Jumat (28/10), di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Dalam sambutan itu, disebutkan beberapa nama anak muda Indonesia hebat, dengan prestasi di bidangnya masing-masing, hingga ke level dunia. Misalnya, Ada Rio Haryanto (23) pembalap F-1 asal Indonesia, Owi-Butet peraih emas Olimpiade Brasil, Musikus muda Shandy Sundoro, sederet nama pebisnis on line dunia hingga diplomat muda asal negara kita.

Disebutkan juga bahwa Pemuda atau  penduduk Indonesia dengan range usia 16 hingga 30 tahun, termasuk cukup tinggi. BPS Tahun 2014 mencatat jumlahnya sebesar 61,8 juta orang atau 24,5% dari total 252 juta jiwa penduduk Indonesia.

Lebih jauh dikatakan, mulai tahun 2020 sampai 2035 Indonesia akan menikmati suatu era  yang langkah yang di sebut dengan bonus demografi. Jumlah usia produktif kita diproyeksikan akan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini,  mencapai 64% dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

“Bonus demografi menjadi windows opportunity  (peluang) yang sangat strategis bagi sebuah Negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumberdaya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan,” lanjut Gubernur.

Pada bagian akhir sambutan itu, beliau mengajak semua pemuda untuk kembali membuktikan perannya sebagai motor penggerak perubahan. Memanfaatkan era perdagangan bebas Asia dan dunia, untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara Maju yang sejajar dengan negara-negara besar lainnya.

Apel memperingati HUT Sumpah Pemuda tingkat provinsi NTT itu dihadiri Benny A. Litelnoni, Wakil Gubernur NTT, Pimpinan DPRD, Unsur Forkompinda, para pejabat Sipil, TNI/Polri, para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi NTT, para mahasiswa perguruan Tinggi dan pelajar SLTA se Kota Kupang. (*bp)

Komentar ANDA?