Jalan Ruteng- Iteng Mesti Diperhatikan Serius

0
311
Foto Kondisi jalan Provinsi di ruas Ruteng- Iteng di Kabupaten Manggarai

NTTsatu.com –  RUTENG – Ruas jalan provinsi Ruteng- Iteng di Kabupaten Manggarai miliki  banyak manfaat untuk kepentingan masyrakat , pariwisata dan ekonomi. Karena itu warga minta Pemerintah  serius tangani jalan provinsi tersebut.

“Setiap hari mobil operasional ukuran besar lalu -lalang di jalan Ruteng – Iteng untuk kebutuhan pengerjaan PLTU Ulumbu,” kata Fan Laot Warga Pongkukung,  Iteng Desa Wewo Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai, Senin (24/7).

Selain itu, salah satu alasan lain Jalan provinsi tersebut mesti diperhatikan serius adalah  wilayah kecamatan Satar Mese merupakan wilayah lumbung pangan untuk Manggarai.

“Jalan mesti dalam kondisi baik, kalau tida akan berdampak pada kebutuhan pangan di Manggarai,” katanya.

Selain tanaman pangan, masyarakat Iteng lagi gencarnya budidaya holtikultura untuk  kebutuhan masyarakat Manggarai atau luar kabupaten Manggarai.

Dia juga mengatakan Jalur Jalan Provinsi  Ruteng -Iteng merupakan jalur alternatif  bagi para wisatawan mancanegara maupun domestik dapat mengunjungi obyek wisata budaya kampung Wae Rebo

“Lewat jalur Ruteng- Iteng,  wisatawan bisa menempuh obyek wisata Wae Rebo dengan cepat,” katanya.

Dikatakanya , karena jalur tersebut memiliki manfaaf  begitu besar untuk pembangunan pertanian , pariwisata, PLTA , ekonomi dan kesejateraan masyarakat mesti dipandang serius bukanya sampai menunggu kondisi jalan rusak parah baru diperhatikan.

“Coba dibayangkan kalau pasien dirujuk menuju RSUD Ben Mboi dengan kondisi jalan seperti sekarang ini pastinya akan membuat pasien tambah parah,” jelas Fan.

Selai itu , terkait kendala  sebagaian besar ruas jalan dibuka di lokasi hutan lindung TWA Ruteng , dia meminta pemerintah provisni segera berkordinasi agar jalan tersebut bisa diperlebar sehingga kendaraan ukuran besar dapat dengan bebas lintas di jalur tersebut ataupun dengan jalan lebar mengurangi resiko kemacetan disaat terjadi longsor saat musim hujan.

Dia berharap , pemerintah provinsi yang bertanggung jawab dalam pengerjaan dan perawatan Jalan provinsi itu. Dia juga menginginkan dalam pengalokasian anggaran untuk Jalan provinsi harus mempertimbangkan  segi mamfaat yang begitu besar dari jalan Provinsi Ruteng- Iteng. (mus)

Komentar ANDA?