Jangan Hambat Pelaksanaan Harnus

0
160
Foto: Areal Pelabuhan Laut Lewoleba yang akan menjadi lokasi Peryaan Puncak Harnus 2016

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk menegaskan, tidak boleh ada pihak-pihak tertentu yang menghambat penyelenggaraan Hari Nusantara (Harnus) di Lewoleba. Pemerintah pusat telah mempercayakan daerah  ini sebagai tempat pelaksanaan puncak Harnus, karena itu semua pihak harus mendukungnya.

“Saya tahu ada pihak tertentu mau menghambat Harnus, bahkan melayangkan surat ke pemerintah pusat soal lokasi Harnus. Karena itu, saya menegaskan, hal tersebut tidak boleh terjadi. Semua pihak harus kompak dan bekerja keras untuk menyukseskan perayaan nasional tersebut. Tuhan, dan Leluhur Lewotana pasti pasti merestui dan menyertai niat baik dan kerja keras kita demi membangun masyarakat Lembata lebih baik dan sejahtera,” katanya.

Dihubungi di Lewoleba Minggu, 02 Oktober 2016, Manuk mengatakan, saat ini Lembata tengah berdandan diri, menata dan membersihkan kota termasuk lokasi Harnus yang luasnya sekitar 8 Ha sedang digusur dan dibersihkan oleh para pengusaha yang dengan ikhlas berpartisipasi aktif mempersiapkan lokasi di Pelabuhan ini.

Dikatakannya, segala persiapan, baik penginapan, restoran, hotel dan bahkan rumah penduduk sedang dibenahi untuk menyambut para tamu yang datang sekitar 5.000 orang. Sarana, prasarana transportasi laut,darat dan udara disiapkan secara baik.

Pelabuhan laut dibenahi dan Bandara Wunopito diperluas agar dapat didarati pesawat berbadan lebar Menjadi catatan sejarah baru ,bahwa Presiden RI mengunjungi Lembata, patut disyukuri sebagai berkat untuk percepatan pembangunan di Lembata.

Piter Manuk juga mengingatkan, waktu tersisa efektif hanya dua bulan saja, Oktober-November. Karena itu, masyarakat dan semua elemen lainnya dan Panitia diharapkan untuk terlibat aktif sesuai peran masing-masing agar Harnus harus berlangsung lancar, aman, damai dan sukses.

Masyarakat, terurtama para petani sayur, tomat dan tanaman umur pendek lainnya disiapkan dari sekarang untuk memenuhi kebutuhan Harnus. Di lokasi ini, urai Pieter Manuk, juga akan ada Expo berbagai produk lokal. Masyarakat pengrajin juga harus persiapkan berbagai cendramata bagi para tamu Harnus.

Dalam semangat persatuan , kesatuan dan kekompakan yang dijiwai moto Lembata, Taan Tou (satu hati), seluruh masyarakat, lembaga DPRD, Forkompimda, SKPD dan  pihak swasta harus menyukseskan hajatan nasional Harnus tersebut. (*/bp)

Komentar ANDA?