JK Janji Perjuangkan Pabrik Semen Kupang III

0
296

KUPANG, NTTsatu.com – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla berjanji akan memberikan dukungan atas perjuangan pemerintah provinsi NTT untuk pembanguan Pabrik Semen Kupang III,

Hal itu dikatakan Wapres usai mendengarkian permintaan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya ketika menghadiri upacara Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke – 68 di Kupang, Minggu, 12 Juli 2015.

Gubernur NTT saat itu mengatakan, pemerintah provinsi NTT sangat mengharapkan dukungan Wapres dalam memperjuangkan agar rencana pembangunan Pabrik Semen Kupang III bisa terwujud demi membangun daerah ini menjadi lebih baik.

Usai mendengar permintaan Gubernur itu, JK menjanjikan memudahkan pemberian kredit tambahan untuk memfasilitasi investasi pembangunan pabrik. Tetapi, pemerintah akan mempertimbangkan kemampuan internal perusahaan sebelum memberi pinjaman.
“Kalau kemampuan internalnya belum, pemerintah akan memberi kredit tambahan. Tapi kita lihat dulu bagaimana kemampuan pasarnya,” terangnya.
Sementara Menteri Perindustrian, Saleh Husin menyatakan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah NTT memperjuangkan pembangunan Pabrik Semen Kupang III, yang sudah dirintis dua tahun lalu.
“Pemerintah pusat past akan mendukung penuh, karena keberadaan Pabrik Semen Kupang, bisa menjadi penggerak roda perekonomian di daerah ini,” katanya.
Sebelumnya Gubernur Frans Lebu Raya mengatakan, dukungan pemerintah pusat itu sangat dibutuhkan sehingga menaikan kapasitas produksinya dari 400 ribu ton per tahun menjadi 2.000.000 ton per tahun.
“Pabrik Semen Kupang adalah kebanggan kami dan menjadi salah satu penyokong perekonomian di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika kapasitas produksi ditambah maka bisa mendorong ekonomi setempat,” kata Lebu Raya.
Dia mengatakan, selama ini Semen Kupang diproduksi untuk kebutuhan domestik tapi juga dikirim ke kota-kota Indonesia bagian timur, Timor-Timur dan Australia. Dengan peningkatan produksi kelak, diharapkan akan semakin meningkatkan pendapatan daerah. (Iki)

Komentar ANDA?