Jokowi Ajak Seluruh Komponen Bangsa Membumikan Pancasila

0
258

NTTSATU.COM — ENDE —  Presiden Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Rabu (1/6) pagi.

Saat menyampaikan sambutan, Jokowi mengajak seluruh anak bangsa membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Hari ini 1 Juni 2022, kita memperingati hari lahir pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yag sangat bersejarah ini, Bung Karno, proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila yang kemudian disahkan PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara,” ucap Jokowi saat menyampaikan sambutan.

Pancasila disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945.

Menurut Jokowi, pancasila bukan hanya telah mempersatukan seluruh warga Indonesia, tetapi telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Hal itu sudah terlihat dalam sejarah perjalanan bangsa.

Sampai saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita anak bangsa sepakat untuk berlandaskan pada pancasila.

“Tetapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaaan dan kenegaraan, serta mengimplemenasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai kontraksi antarsesama anak bangsa,” ujarnya.

Seusai acara di Lapangan Ende, Presiden Jokowi bersama ibu Iriana akan berkunjung ke kabupaten Ngada selanjutnya akan kembali Ende dan melanjutkan perjalanan menuju Sumba Timur. (Lintas ntt/bp)

Komentar ANDA?