Kadis Kesehatan Bersama Para Medis Berstatus OTG Jalani Karantina di Hotel Sinarkasih

0
1801

NTTsatu.c9m — NAGEKEO — Sejumlah tenaga medis usai bertugas membantu penanganan Pasien 01 Positif Covid-19 di Puskesmas Danga, harus menjalani karantina di Hotel Sinar Kasih Mbay. Total sebanyak 11 tenaga medis yang menangani pasien 01 Positif Covid-19. Dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo menjalani karantina selama 14 hari.

Demikian disampaikan Juru bicara tim gugus covid-19 Silvester Teda Sada, saat konferensi pers di aula lantai dua Kantor Bupati Nagekeo, Selasa (19/5).

“Mereka seharusnya kembali ke rumah, tapi untuk melindungi keluarganya dilakukan karantina terlebih dahulu hingga benar-benar dipastikan sehat,” ungkapnya.

Silvester menjelaskan, di Kabupaten Nagekeo jumlah OTG 45 Orang, 15 orang selesai pemantauan, dan 30 OTG belum selesai pemantauan. Untuk ke 30 orang OTG yang belum selesai pemantauan, ada 12 orang adalah keluarga yang terkonfirmasi dengan pasien Positif 01 Covid, 12 orang tenaga kesehatan termasuk Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo. Sedangkan 6 Orang yang saat ini di karantina di puskesmas Danga. Enam orang itu terdiri dari satu orang yang reaktif, satu orang dari keluarga dan 4 orang adalah teman dari pasien positif 01 Covid-19.

Silvester menyampaikan, untuk 12 orang keluarga yang punya riwat kontak dengan pasien positif 01, mereka sudah di lakukan rapid test sebanyak dua kali dengan hasilnya non reaktif. Dengan demikian mereka di perboleh di karantina mandiri di rumah pribadi. Tetapi dengan catatan penting bagi ke 12 orang itu perlu pengawasan yang sangat ketat karena mereka juga masih punya catatan mereka juga punya riwat kontak dengan reakti 03. Artinya reaktif 03 ini masih juga diambil swab untuk dikirim ke Kupang-NTT.

“Kita berdoa bersama agar reaktif 03 itu negatif. Kalau misalnya rekatif 03 itu berdasarkan swab hasil positif, artinya 12 keluarga itu akan jemput kembali di karantina di puskesmas Danga,” paparnya.

Silvester menambahkan, mengapa ada yang karantina di Puskesmas Danga dan di Hotel Sinar Kasih-Danga, bahwa, di Nagekeo saat ini terus antisipasi dan menyediakan tempat-tempat karantina agar dengan mudah diawasi oleh tim gugus covid-19. Sementara fasilitas umum lainnya, terus dalam proses persiapan dan pembenahan.

“Semua yang dikarantina itu di perlakuan sama. baik itu pelayanan karantina di Puskesmas Danga maupun di hotel,” Imbuhnya (atty/tim).

=======

Foto:  Juru bicara Satgas Covid-19 , tingkat Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada, saat menyampaikan kepada awak media

Komentar ANDA?