Kalau Kedang dan Ile Ape Sudah Bersatu, Lembata Milik Victory-Joss

0
928
Foto: Cawagub NTT, Yosef Nae Soi disambut dengan tarian hedung ketika akan berkampanye di Ile Ape, Lembata, Senin, 23 April 2018

NTTsatu.com – LEWOLEBA – Setelah pada masa kampanye lalu, warga Kedang atau Uyelewu Raya sudah menyatakan dukungannya secara penuh kepada pasangan Cagub-Cawagub NTT, Viktor Laiskodat-Josef Nae Soi, kemarin, Warga Ile Ape dan Ile Ape Timur juga bersatu untuk pasangan ini. Kalau Kedang dan Ile Ape sudah bersatu, maka Lembata menjadi milik Victory-Joss.

Demikian benang merah yang terungkap blak-blakan ketika Cawagub Josef Nae Soi blusukan ke wilayah Ile Ape Timur dan Ile Ape, Senin (24/4). Safari politik dalam kemasan kampanye itu dimulai dari Desa Watodiri, Desa Jontona, Desa Lamatokan, Desa Aulesa, Desa Lewotolok, Desa Tagawiti, dan Desa Ohe (Kolontobo).

Desa-desa dengan jumlah pemilih terbanyak itu menyatakan dukungan sepenuhnya hanya untuk Victory-Joss. Pilihan satu suara ini sebagai konsekuensi logis dari dukungan warga yang telah memenangkan pasangan Eliaser Yentji Sunur-Thomas Langoday dalam Pilkada Lembata 2017 silam.

“Dalam Pilkada Lembata 2017 lalu, Kecamatan Ile Ape Timur dan Ile Ape, memenangkan Bapa Yentji Sunur dan Thomas Langoday, yang diusung Partai Golkar dan Nasdem. Karena itu, pada Pilgub 27 Juni nanti, masyatakat Ile Ape pasti memilih Victory-Joss. Tidak ada pilihan lain,” kata tokoh masyarakat Desa Jontona, Nikolaus Ake, pada kampanye dialogis Cawagub Josef Nae Soi, Senin (24/4).

Di semua titik kampanye itu, warga lebih banyak meminta kepada Victory-Joss agar jika sudah menang Pilgub, memperhatikan kebutuhan dasar masyarakat Ile Ape yaitu air, jalan dan listrik. “Kesulitan kami hanya itu saja, air, jalan dan listrik,” kata Niko Ake, dan menambahkan, Desa
Jontona yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata juga perlu diperhatikan.

“Ada 100 rumah adat di kampung lama, yang setiap tahun dipadati wisatawan untuk menyaksikan pesta kacang. Harap diperhatikan,” harap dia.

Di Desa Lamatokan, Ile Ape Timur, tokoh masyarakat Mikael Toda mengaku kalau paket Victory-Joss lebih pantas memimpin NTT. “Orangnya kami tidak kenal tapi mereka sudah berbuat baik. Apalagi sudah kenal. Jadi bagi warga Lamatokan, Victory-Joss harga mati. Kami akan menangkan 100 persen,” katanya.

Ia menjelaskan, belum lama ini istri Viktor Laiskodat, Ny Julie, datang ke desa Lamatokan dan kebetulan warga yang mayoritas Katolik itu sedang membangun gereja, langsung memberikan bantuan.
Hal ini dibenarkan Ketua Dewan Stasi, Lukas Sanga. “Orang yang tidak dikenal saja sudah membantu apalagi sudah kenal. Kami siap menangkan Victory-Joss,” katanya.

Kepada Cawagub Nae Soi, Andreas, seorang nelayan Lamatokan meminta agar Victory-Joss tidak melupakan rakyat di Lamatokan terutama kelompok nelayan. “Tolong berpikir juga dengan nasib kami nelayan ini jika sudah memimpin NTT,” kata Andreas.

Selain itu, Cawagub Nae Soi juga mampir di Desa Aulesa, Ile Ape Timur, hanya untuk menyapa warga yang sedang berkumpul untuk acara adat. Lukas Witak, tokoh masyarakat Aulesa meyakinkan bahwa warga memilih Victory-Joss. “Kehadiran bapa jos ini semakin meyakinkan warga untuk memenangkan Victory-Joss,” katanya.

Desa Lewotolok pun dengan tegas menyatakan hanya ada Victory-Joss, tidak ada pilihan lain. “Kami sudah menunggu bapa cawagub untuk melihat kami dan bapa sudah datang di rumah kami. Kami senang dan kami akan menangkan bapa Jos dan pa Viktor,” sebut salah satu tokoh adat desa itu.

Dukungan penuh kepada Victory-Joss juga terungkap di Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape. Ismail, tokoh masyarakat memastikan bahwa warga di tempat kelahiran Wakil Bupati Lembata Thomas Langoday itu, seratus persen memilih Victory-Joss. “Masalah kami adalah kesulitan air minum dan listrik. Jadi harapan kami, masalah air dan listrik itu diprioritaskan kalau sudah menang,” kata Ismail.

Titik terakhir kampanye adalah di Desa Ohe atau disebut Kolontobo, Ile Ape. Warga antusias menerima Cawagub Nae Soi. Pilihan warga kepada Victory-Joss karena di situ ada Nasdem dan Golkar yang telah memenangkan Yentji Sunur dan Thomas Langoday.

Sebelum berkeliling di Ile Ape dan Ile Ape Timur, Nae Soe berkunjung ke Desa Lerahinga, Lebatukan.

Merespons dukungan yang luar biasa dengan sejumlah harapan warga Ile Ape itu, Cawagub Nae Soi memastikan kepada warga bahwa masalah air, jalan dan listrik bakal dituntaskan jika sudah mendapat mandat dari rak9yat NTT.

“Bapa mama harus yakin bahwa Victory-Joss bisa menyelesaikan semua masalah terutama air, jalan dan listrik. Tapi beri kami kuasa pada 27 Juni,” kata Nae Soi.

Ia juga meminta warga Ile Ape Timur dan Ile Ape untuk memilih pemimpin NTT karena integritas dan kompetensi calon. “Jangan memilih karena suku atau agama,” katanya, dan mengingatkan warga untuk mewaspadai orang-orang yang datang menjual agama demi tujuan politik.

Dari Ile Ape, meski lelah Cawagub Nae Soi melakukan pertemuan dengan Ikatan Keluarga Nagekeo dan Ngada di Lembata. “Jumlah kami sekitar 100 kepala keluarga. Kami sudsh lama rindu bertemu bapa Jos dan malam ini kami bisa mendengar langsung niat bapa mau mengabdi untuk NTT. Kami siap kerja memenangkan Vicrory-Joss,” kata Ketua Ikatan, Erlin Demu. (tim media)

Komentar ANDA?