Kapal Tol Laut Angkut 500 Ekor Sapi dari NTT

0
208
Foto: Kapal Tol Laut, Cemara Nusantara Satu milik Kementerian Perhubungan RI ketika berada di Pelabuhan Tenau Kupang.

KUPANG. NTTsatu.com – Kapal Camara Nusantara Satu yang dinamakan Tol Laut milik Kementerian Perhubungan RI, Selasa, 21 Juni 2016 mengangkut  500 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timur.

Kapal tersebut sandar di Dedrmaga Tenau Kupang, Senin, 20 Juni 2016 malam dari Tanjung Periuk, Jakarta. Kapal langsung mengangkut 467 ekor sapi kemudan akan berangkat ke Waingapu Suma Timur untuk memuata 33 ekor sapi sehingga menggenapi jumlah 500 ekor.

Ternak sapi dari NTT kitu diangkut dengan Kapal Tol Laut untuk memenuhi kebutuhan daging di pulau Jawa terutama Hari Raya Idul Fitri yang akan datang.

Iwan Dasuki, Manager Operasional PT Pelni Cabang Kupang kepada  wartawandi Pelabuhan Tenau Kupang menjelaskan, kapal Tol Laut ini akan berlayar dari Tenua menuju Waingapu, dengan muatan 467 ekor sapi. Kemudian di Waingapu, kapal tersebut akan memuat lagi 33 ekor untuk menggenapi jumlah sapi yang harus diangkut kapan ini sebanyak 500 ekor.

“Jadi memang sesuai kapasitas kapal maksimal 500 ekor untuk sekali pelayaran. Ini bisa memberikan solusi dimana selama ini pemerintah kesulitan memenuhi kebutuhan daging sapi di pulau Jawa, apalagi menjelang lebaran,” kata Iwan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan daging di pulau Jawa kata Iwan, tahun ini kapal tol laut akan kembali ke Kupang pada Senin dua pekan kedepan.

“Kapal ini akan secara rutin datang ke Kupang dua minggu sekali untuk memuat sapi dari NTT,” kata Iwan. (bp)

Komentar ANDA?