Karena anda setia dalam perkara kecil maka AKU akan memberikan tanggungjawab yang lebih besar

0
320

Oleh : Rm. Ambros Ladjar, Pr

 

Hari Minggu Pekan XXXIII Masa Biasa*, 19 November 2023. Bacaan. Amsal 31: 10-13, 19-20, 30-31 dan 1Tes 5:1-6 dan Ijil  Mt 25: 14-30.

Setiap orang punya bakat dan kemampuan berbeda. Bakat adalah kelebihan yang dimiliki orang sejak dia lahir seiring dengan adanya pendidikan dan latihan yang diikuti atau lingkungan yang menempahnya. Semuanya kemudian kelak akan terus berpengaruh di dalam karir seseorang. Jika pekerjaan yang digeluti sesuai bakat dan kemauan maka sudah pasti rasa nyaman bekerja.

Lo Kheng Hong investor dari Indonesia coba membagi tips dan strategi dalam investasi saham. Dia dijuluki Warren Buffet asal Indonesia yang terus bagikan kiat suksesnya bagi para investor maupun awam dalam berinvestasi di usaha pasar modal. Baginya, *strategi value investing*, ide cari perusahan fundamental baik adalah cara yang paling mudah untuk ditiru banyak orang. Jangan anda membeli kucing dalam karung. Tuhan Mahapengampun tapi bursa tak kenal belas kasihan, tak kenal ampun pada apa yang dibeli. Ia mendapat inspirasi dari seorang muda tamatan SMA. Bukan karena feeling tapi betul-betul ia membaca laporan keuangan yang amat mendalam.

Kepada para hamba dalam injil, pemilik modal juga mempercayakan mereka untuk menggandakan harta yang ia miliki. Kepada yang seorang diberikannya Lima Talenta. Seorang lagi Dua talenta dan yang lain lagi Satu talenta. Laba usaha dari mereka masing-masingnya juga membanggakan yakni Lima dan dua talenta atau 100% profitnya. Lantaran ketekunan maka mereka ini mendapatkan apresiasi dan sambutan baik dari tuannya. Sedangkan orang yang terima satu talenta karena tak mau mengembangkan maka ia sembunyikan dalam tanah yang menyebabkan tuannya sangat geram sehingga apapun yang ada padanya senuanya diambil.

Hikmat Amsal sangat tepat berbicara jikalau orang selalu berlaku bijaksana. Mereka itu ibarat orang pertama dan kedua dalam injil. Karena mereka memperoleh tambah laba Lima dan Dua talenta. Keuletan mereka melakukan usaha dilukiskan sama seperti Istri yang dipuji dan dihormati dalam kitab Amsal. Bukan karena kemolekan dan kecantikan, melainkan lantaran sikap takwa kepada Tuhan. Lebih dari pada itu kreativitas mereka dipuji oleh karena kesetiaan dan kebaikannya terhadap suami.

Yesus pesan hari ini agar kita semestinya terus berjuang di jalan yang baik dan benar serta bertindak jujur dan adil, artinya orang harus mawas diri. Berjaga-jaga dan sadar dalam hidup sesuai pesan rasul Paulus. Sebab kita adalah ciptaan Tuhan melebihi segala makluk hidup lainnya. Olehnya orang harus menjaga martabat mulia ini sambil mengembangkan segala potensi, karunia yang diberikan Tuhan. Bila talenta yang dimiliki dikembangkan maka membuat orang yang lemah bisa berdaya. Mereka yang ketiadaan akan menjadi berada. Singkatnya segala upaya baik kita, semestinya membuat sesama menjadi lebih bermartabat di dalam hidup. Apakah saya sudah baik memanfaatkan segala potensi yang kumilik saat ini?

*Salam Seroja, Sehat Rohani dan Jasmani* di Hari Minggu buat semuanya. Jikalau ADA, Bersyukurlah. Jika TIDAK ADA, BerDOALAH. Jikalau BELUM ada, BerUSAHALAH. Jikalau masih KURANG Ber- SABARLAH. Jika LEBIH maka BerBAGI LAH. Jika CUKUP, berSUKACITALAH. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga anda dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita yang melingkupi hidupmu… Amin🙏🙏🙏🌹🌹✝️🪷🪷🤝🤝🎁🛍️💰🍇🍇🇮🇩🇮🇩

Pastor Paroki Katedral Kupang

Komentar ANDA?