Kelebihan Zat Gula Bikin Libido Menurun? Ini 5 Buktinya

0
132

NTTsatu.com – Gula adalah zat makanan yang paling mudah Anda temui dalam setiap makanan yang Anda konsumsi selain garam. Tak hanya memberikan rasa manis saja, gula juga akan menjadi penyeimbang rasa dari garam sehingga menjadikan makanan Anda berasa gurih.

Selain berasal dari bentuk gula pasir, zat gula juga bisa datang dari karbohidrat dan zat tepung olahan yang biasa Anda konsumsi. Oleh karena itu jika Anda tidak membatasi konsumsi gula dan karbohidrat Anda, maka zat gula akan membanjiri tubuh Anda.
Tak hanya menjadi penyebab diabetes, menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, zat gula ternyata juga dapat membuat gairah seksual atau libido pria menurun. Inilah alasannya.

1. Menurunkan hormon testosteron

Hormon testosteron merupakan hormon yang mempengaruhi libido pria. Semakin tinggi hormon testosteron dalam tubuhnya, maka semakin tinggi pula libido seksual pria. Namun zat gula berlebihan mampu mengganggu produksi hormon ini sehingga mengakibatkan gairah seksual menurun.

2. Membuat cepat lelah

Terlalu banyak zat gula dalam tubuh akan membuat tubuh Anda bekerja begitu keras dalam mencernanya. Sehingga akan membuat Anda cepat lelah. Jika Anda menderita kelelahan dan Anda tidak segera mengistirahatkan tubuh Anda, maka gairah seksual Anda pun akan terganggu.

3. Meningkatkan insulin

Insulin merupakan kadar gula dalam darah Anda. Insulin memang diperlukan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik. Namun jika terlalu banyak insulin dalam tubuh, maka hormon testosteron Anda akan terganggu sebab tidak bisa diproduksi dengan baik. Hasilnya? Sudah bisa ditebak bahwa libido Anda akan menurun.

4. Mengganggu kerja leptin dan neurotransmitter

Tingginya kandungan gula dalam otak dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk mempengaruhi hormon leptin. Hormon ini sebenarnya berfungsi sebagai alarm jika Anda makan terlalu banyak gula. Namun saat gula yang Anda konsumsi berlebihan, maka kerja leptin akan ‘mati. Selain leptin, neurotransmitter yang seharusnya berfungsi untuk mengatur gairah juga mati. Sehingga libido Anda pun akan menurun.

5. Meningkatkan kortisol

Kortisol merupakan hormon dalam tubuh yang akan meningkat saat Anda stres. Dan ketika Anda maka terlalu banyak gula, secara ajaib justru hormon ini akan meningkat dan dapat membunuh libido Anda.

Gula memang manis. Namun jika terlalu banyak konsumsi gula, maka kesehatan Anda termasuk kehidupan seksual Anda pun menjadi pahit. Jadi mulai sekarang segera batasi konsumsi gula Anda. (sumber: merdeka.com)

Komentar ANDA?