Kelompok Tani Lahan Kering Naimata Sambut Musim Hujan

0
161

Lurah Naimata, Melianus Benggu

 

KUPANG. NTTsatu.com – -Para kelompok  tani lahan kering di  Kelurahan Naimata,Kecamatan Maulafa Kota Kupang telah menyiapkan lahan pertanian untuk menyambut musim tanam 2015, meskipun belum semua petani menerima benih, bibit jagung untuk menanam di lahan itu.

Lurah Naimatan,Melianus Benggu yang ditemui wartawan di lokasi,Sabtu (21/11/ menuturkan, persiapan lahan petani di wilayah itu, rata-rata mencapai 100 persen dan saat ini tinggal persiapan akhir, seperti pembersihan sisa-sisa kayu .

“Memang sebagian besar petani telah mempersiapkan lahan pertanian sejak awal musim kemarau, namun masih ada juga yang hingga memasuki pertengahan Novemver 2015 yang belum menyelesaikannya. Ada petani yang mengolah lahan mereka secara manual yakni mencangkul, sementara ada yang yang menggunakan traktor,” katanya.

Ia mengaku, dalam memasuki musim tanam  2015/2016 dirinya telah menandatangani Rencana Definitif Kelompok (RDK) dan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) petani dalam pengadaan pupuk bersubsidi bagi kelompok tani di wilayah tersebut kepada penyuluh.

“Saat ini ada sekitar 10 kelompok tani di wilayah kelurahan Naimata. Dari jumlah ini ada satu kelompok tani perempuan,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam persiapan lahan menyambut musim tanam 2015 ini, dirinya  telah melarang warga Naimata untuk melakukan  penyiapan lahan  dengan sistim tebas bakar, tapi diolah secara manual atau dengan menggunakan alat pertanian.

“Saya selalu memantau  tiap hari untuk melihat perkembangan di lapangan sehingga tidak ada kegiatan tebas bakar,” katanya.

Benggu mengatakan sejak dua tahun terakhir ini kegiatan tebas bakar sudah tidak ada lagi karena sangat berbahaya apalagi sekarang ini  ada banyak pemukiman yang berkembang di Kelurahan Naimata. Saya selalu mengingatkan warga saya untuk tidak melakan sistem pengelahan lahan dengan cara tebas bakar. (rif/bp)

 

Komentar ANDA?