Keluarga Besar Ikada Kupang Deklarasi Tolak Paham Radikalisme dan Intoleransi di NTT

0
631

NTTSATU.COM — KUPANG —  Ikatan Keluarga Ngada atau Ikada Kupang, NTT berkomitmen menolak paham  radikalisme dan intoleransi. 

Komitmen Ikada Kupang   untuk menolak radikalisme dan intoleransi  ini diwujudkan dalam Deklarasi Penolakan Paham Radikalisne dan Intoleransi  di Kupang, Rabu (28/6/2023).

Deklarasi penolakan paham radikalisme dan intoleeansi ini dihadiri oleh para pengurus Ikada Kupang  dan juga perwakilan paguyuban yang bernaung dibawah Ikada Kupang.

Ketua Ikada Kuoang, Dr. Sipri Radho Toly kepada victorynews.id usai deklarasi mengungkapkan bahwa NTT ini terkenal dengan toleransinya.

Akan tetapi, berbagai referensi yang didapat dari berbagai sumber menyatakan bahwa NTT  sedang dilirik oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan radikalisne dan intoleransi.

“Karena itu kami Ikada Kupang sebagai bagian dari NTT  dan mencintai toleransi perlu menyatakan sikap dan berkomitmen untuk menolak paham radikalisme dan intoleransi yang masuk ke NTT  yang kita cintai ini,” tegasnya.

Untuk itu, ia mengajak semua warga Ikada Kupang  maupun paguyuban-paguyuban di luar Ikada Kupang  untuk bersatu menolak paham radikalisme dan intoleransi masuk ke NTT.

“Mari kita semua warga Ikada Kupang maupun paguyuban lain, seperti Rote, Sabu, Sumba, Timor dan lainnya yang ada di Kota Kupang maupun NTT   pada umumnya untuk menolak paham radikalisne dan intoleransi  masuk ke NTT,”  ajak Dosen Undana Kupang ini.

Mengingat paham radikalisme dan intoleransi ini sangat berbahaya bagi persatuan dan kesatuan bangsa, dia juga berencana untuk melakukan pertemuan dengan berbagai paguyuban di luar Ikada Kupang untuk bersama-sama mendeklarasikan penolakan terhadap paham radikalisne dan intoleransi ini.

Seperti disaksikan, dalam Deklarasi Penolakan Paham Radikalisme dan Intoleransi  ini, para pengurus Ikada Kupang mendeklarasikan sejumlah poin penting, dengan menyatakan bahwa:

Kami Warga Ikatan keluarga Ngada (Ikada) Kupang dengan ini menyatakan bahwa:

1. Dengan Semangat Kebhinekaan, Kita Jaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia Serta Mempererat Kerukunan Dan Toleransi Beragama Di Provinsi Nusa Tenggara Timur “rumah Damai Bersama”.

2. Indonesia Adalah Rumah Kita Bersama , Keberagaman Adalah Kekayaan Kita

3. Mari Kita Jaga Kerukunan, Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

4. Tolak Segala Bentuk Hoax, Radikalisme, Terorisme Dan Intoleransi

5. Teguh Mempertahankan 4 Pilar Kebangsaan, Yaitu:
– Pancasila
– Undang-undang Dasar 1945
– Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
– Bhineka Tunggal Ika
6. Kamtibmas Aman, Indonesia Jaya. (NT,/nttsatu)

Komentar ANDA?