Ketangguhan Keluarga Terletak Pada Perencanaan

0
289
Foto: Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday ketika menandatangani prasasti pencanangan kampung KB di desa Bao Lali Duli, Kecamatan Ile Ape Timur, Lembata, Selasa, 19 September 2017

NTTsatu.com – LEWOLEBA – Pencanangan kampung KB (Keluarga Berencana) kembali lagi dilakukan Pemda Lembata melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak . Kali ini Desa Bao Lali Duli di Kecamatan Ileape Timur  dicanangkan sebagai kampung KB pada Selasa, 19/09/17.

Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday dalam sambutannya menekankan pentingnya perencanaan keluarga karena menurutnya perencanaan keluarga akan menciptakan keluarga yang tangguh.

“Kalau sebuah keluarga sudah direncanakan dengan baik maka dalam perjalanannya keluarga tersebut akan menjadi  keluarga yang tangguh. Keluarga  tangguh berarti memilki kemampuan menyelesaikan berbagai persoalan baik  persoalan ekonomi maupun persolan  sosial religius yang dialami. Itu berarti keluarga yang tangguh adalah keluarga yang lebih mudah mencapai suatu kehidupan yang sejahtera karena semua masalah keluarga dapat diatasi. Jadi  perencanaan keluarga akan menghantar sebuah keluarga menjadi keluarga sejahtera. Keluarga sejahtera akan membentuk desa  sejahtera. Desa sejahtera akan membentuk kabupaten lembata yang sejahtera. Lembata yang sejahtera akan membentuk  NTT yang sejahtera. Kalau NTT sejahtera maka Indonesia sejahtera,” demikian Langoday.

Selain menekankan pentingnya perencanaan keluarga, sejalan dengan visi misinya bersama Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Wabup Langoday mengharapkan agar pencanangan desa KB dapat membawa peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat. Penekanan jumlah menurutnya harus berdampak pada peningkatan kualitas terutama terkait peningkatan pendapatan ekonomi.

Oleh karena itu lanjut Langoday, inovasi-inovasi dibutuhkan agar program ini berkontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat. Pemerintah desa dan masyarakat  silahkan berinovasi agar  ada hasil yang kelihatan dari program ini.

Hasil yang dimaksud tidak hanya penurunan jumlah penduduk tetapi  peningkatan  pendapatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Pencanangan desa Bao Lali Duli sebagai kampung KB juga dihadiri beberapa anggota DPRD Dapil I dari berbagai fraksi.

Ketua DPRD Lembata, Ferdi Koda dalam sambutannya mengajak semua stakeholder untuk berpartisipasi dalam program kependudukan. Pencanangan menurutnya baru awal  sehingga yang paling penting adalah bagaimana program KB dapat keberlanjutan  dan berkembang baik tidak hanya di Desa Bao Lali Duli tetapi harus menjangkau seluruh desa di Lembata.

“DPRD sangat mendukung penuh program ini karena berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat Lembata,” katanya. (humas/rin)

Komentar ANDA?