Ketegaran Veronica dampingi Ahok lewati beragam persoalan

0
264

NTTsatu.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok seolah tak pernah lepas dari pemberitaan. Apalagi gaya bicaranya yang kerap mengundang kritik dan sindiran dari berbagai pihak. Tidak hanya lawan politik, terkadang datang dari anak buahnya di lingkungan pemerintahan dan pengamat politik atau sejarawan.

Beragam persoalan membelit Ahok. Mulai dari polemik dana siluman APBD DKI yang membuat Ahok bersitegang dengan DPRD, kisruh pengelolaan sampah yang membuat Ahok berseteru dengan DPRD Bekasi, hingga yang akhir-akhir ini menyita perhatian masyarakat yakni kasus pembelian lahan Sumber Waras hingga persoalan reklamasi Teluk Jakarta. Belum lagi panasnya iklim politik jelang Pemilihan Gubernur DKI tahun depan.

Dari segudang persoalan yang dihadapi Ahok, bagaimana cara pandang sang istri, Veronika Tan melihat suaminya berjibaku dengan segudang persoalan. Merdeka.com merangkumnya. Berikut paparannya.

 

  1. Bapak bisa hadapi semua

Veronica menilai suaminya sosok yang kuat. Dia yakin pendamping hidupnya itu bisa menghadapi semua tugas berat yang ada di pundaknya hingga akhir masa jabatan pada 2017.

“Bapak bisa hadapin itu kok haha. Kalau bapak minta datang hadir, saya hadir,” ujar Veronica usai meluncurkan bus pinky di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/4).

Perempuan asal Medan, Sumatera Utara, itu mengaku siap mendampingi Ahokdi mana pun dan dalam kondisi apapun. Ia pun akan selalu hadir, jika mantan politisi Gerindra ini membutuhkan bantuannya.

Tak hanya itu, karena sosok Ahok yang keras, Vero tak merasa khawatir dengan kondisi suaminya. “Sekarang lihat bapak baik-baik saja kan haha,” terang Vero berguyon.

 

  1. Pakai rompi anti peluru

Belum lepas dari ingatan kita terkait polemik APBD DKI Jakarta yang membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan DPRD DKI Jakarta bersitegang.

Ahok bersikeras pada pendiriannya untuk tidak berkompromi dengan DPRD DKI soal RAPBD. Hal ini mengakibatkan polemik RAPBD DKI Jakarta 2015 tak kunjung usai.

Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengatakan, kisruh antara dirinya dengan DPRD DKI ternyata membuat keluarganya khawatir. Bahkan dia mengaku, istrinya Veronika Tan dan ibunya Binuarti Ningsih memintanya menggunakan baju anti peluru.

“Sampai mertua dan istri saya ngomong, si Ahok pakai baju anti peluru. Hanya karena gara-gara ini (kisruh APBD),” ungkapnya dalam acara input e-budgeting hasil pembahasan Banggar terhadap evaluasi Kemendagri di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/3)

 

  1. Biar masyarakat yang menilai

Perang dingin antara Gubernur DKI Jakarta Jakarta Basuki T Purnama dengan para anggota DPRD terjadi saat Ahok membeberkan dana siluman dalam berbagai proyek di DKI.

Langkah Ahok ini tidak terlepas dari keputusan anggota DPRD mengajukan hak angket. Di tengah kisruh seperti ini sang istri Veronika Tan angkat bicara. Lalu apakah ada perubahan dalam diri Ahok?

Veronica mengungkapkan meski di depan publik sang suami berulang kali meledak-ledak, tetapi tetap bersikap seperti biasa saat di rumah. Dia pun yakin masyarakat akan objektif melihat perselisihan tersebut.

“Terkait masalah bapak, biar masyarakat saja yang menilai,” ungkap Veronica usai acara syukuran HUT Dewan Kerajinan Nasional di Jalan Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2015).

Veronica menambahkan tidak ada yang berubah dari suaminya walaupun sedang terhimpit masalah. “Enggak ada yang berubah, sama saja bapak,” ucapnya.

 

  1. Bapak selalu cerita soal Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama selalu mencurahkan isi hati soal Jakarta kepada sang istri, Veronika Tan. Veronica hanya bisa menampung curahan hati suaminya itu usai pulang kerja.

“Ya pastilah kalau ada keluh kesah, Bapak mau cerita ke mana selain ke rumah, intinya kami menampung,” kata Veronica di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Kebonbawang, Jakarta Utara, Kamis (22/11).

 

  1. Biar saja FPI demo

Beberapa pihak tak setuju jika Jakarta dipimpin Basuki Tjahaja Purnama. Salah satunya Front Pembela Islam (FPI). Mereka menolak Ahok dilantik menjadi gubernur.

Istri Ahok yang ditemui saat pelantikan Gubernur DKI di Istana Negara saat itu tak ambil pusing dengan ormas yang selalu mendemo suaminya. Veronika Tan cuek dengan penolakan-penolakan itu. Sebab dia yakin Ahok bakal mendapatkan dukungan penuh dari rakyat.

“Enggak apa-apa kan sudah dilantik. Lagian biarin saja kan yang demo lawannya rakyat,” kata Veronica di Istana Negara pada November 2014.

Veronica senang suaminya menjadi Gubernur DKI yang pertama dilantik oleh Presiden di Istana Negara, Jakarta. (merdeka.com)

=====

Foto: Gubernur DKI, Ahok bersama istrinya Veronika Tan

Komentar ANDA?