Ketika Pejabat PLN Jadi Guru Sehari di SMAN I Rote Barat Laut

0
258
Foto: Siswa/1 dan guru SMAN I Rote Barat Laut ketika mendengarkan pengalaman dan motivasi dari GM PT PLN NTT, G Richar Safkaur

ROTE NDAO. NTTsatu.com – Satu lagi program yang juga dinantikan masyarakat, khususnya para siswa dan guru adalah BUMN Mengajar. Program BUMN Mengajar yang merupakan salah satu perwujudan “BUMN Hadir untuk Negeri” digelar oleh PLN di beberapa kota dan kabupaten di Indonesia.

Program ini merupakan komitmen Kementerian BUMN dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 serta untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di pelosok negeri. Dalam hal ini, Direksi dan General Manager di unit-unit PLN mengabdi seharian pada kegiatan yang bertajuk PLN Mengajar di sekolah-sekolah untuk menyemai inspirasi dan membangun karakter pemuda-pemudi negeri.

Kegiatan PLN Mengajar yang serentak dilaksanakan di 66 sekolah se-Nusantara pada minggu ke-3 Agustus 2016 ini merupakan kegiatan untuk para pejabat PLN dapat berbagi motivasi dan bercerita mengenai pengalaman mereka di bidang profesional, khususnya di saat menjabat menjadi orang-orang terpenting di BUMN besar ini dan untuk di PLN Wilayah NTT khususnya memilih Pulau Rote dimana Pulau paling selatan Indonesia dekat dengan perbatasan.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah NTT, Richard Safkaur berkesempatan hadir memberikan pengajaran kepada siswa di SMA Negeri 1 Rote Barat Laut.

Selain memberikan pengajaran kepada para siswa, PLN juga memberikan total bantuan pendidikan sebesar Rp 43 juta untuk sekolah tersebut demi meningkatkan motivasi siswa dalam belajar untuk mencapai cita-citanya di dunia kerja. Bantuan itu akan digunakan untuk membeli tas dan buku para siswa, baju PLN Peduli untuk guru, dan bantuan terhadap sarana dan prasarana sekolah.

Kesempatan itu digunakan Richard untuk berbagi pengalaman dan motivasinya kepada para siswa yang bersekolah di perbatasan. Dalam pertemuan yang singkat namun penuh arti tersebut membuat seluruh siswa bahkan guru di sana antusias mendengarkan cerita dari GM PLN Wilayah NTT ini.

Para siswa juga diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan Richard lewat sesi tanya jawab dan juga kuis setelah selama satu jam Richard  memaparkan materinya mengenai proses bisnis PLN dan kelistrikan di NTT khususnya.

“Pulau Rote ini adalah Pulau terdepan dan paling Selatan di Indonesia, dari sini saya percaya dan yakin siswa disini akan menjadi terdepan apabila kita memperhatikan tiga hal yaitu pertama  belajar, kedua belajar, dan ketiga belajar.” tutur Richard.

Victorio R. Nalle, S.Pd Kepala SMAN 1 Rote Barat Laut menyatakan, kegiatan ini sangat positif untuk siswa mulai memahami tentang sistem ketenagalistrikan serta siswa memperoleh inspirasi untuk dapat menggapai cita-cita mereka.

“Kegiatan belajar mengajar ini menunjukkan betapa pentingnya semua komponen untuk mencerdaskan anak bangsa dan tentunya.

Acara ini ditutup dengan motivasi dari Wakil Bupati Rote, Jonas Lun yang mengatakan, anak-anak sekolah menjadi calon-calon orang sukses kedepan jika menggunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar sungguh-sungguh.(Humas Wilayah NTT)

 

Komentar ANDA?