KMP Ile Labalekan Layani Semau dan Rote

0
776

KUPANG. NTTsatu.com – PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan ( ASDP) Feri Indonesia Cabang Kupang mendapat tambahan satu unit kapal feri baru bernama ‘Ile Labalekan’. Kapal ini akan dioperasikan mulai Rabu, tanggal 09 Desember 2015 dengan rute Bolok Kupang – Hansisi Pulau Semau – Pantai Baru (Rote) dan berakhir di Pulau Ndao, Kabupaten Rote Ndao..

Manager PT ASDP Feri Indonesia cabang Kupang, Arnold Jansen yang dihubungi NTTsatu.com di Kupang, Senin, 07 Desember 2015 menjelaskan, Kapal Bantuan Pemerintah Pusat untuk masyarakat NTT ini akan melayani rute Bolok – Hansisi – Pantai Baru dan berakhir di Pulau Ndano.

“Kami mulai mengoperasikan kapal itu pada hari Rabu, 09 Desember. Sepekan rute itu dilayani sebanyak tiga kali yakni Rabu, Kamis dan Sabtu. Kapal pergi pagi dan kembali ke Bolok sore hari,” katanya.

Sebelumya, Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis bersama pejabat Kementerian Perhubungan dan PT ASDP mengunjungi kapal berbobot 750 GT tersebut di Pelabuhan Penyeberangan Bolok Kupang, Rabu (2/12).

Kepada wartawan, Fary mengatakan KM Ile Lebalekan’ merupakan hadiah natal bagi masyarakat Nusa Tenggara Tmur. “Kapal Ile Labalekan ini kado natal untuk NTT” ujarnya.

Anggaran pengadaan kapal ini sekitar Rp 35 miliar bersumber dari APBN, memilik daya angkut 600 orang, kendaraan roda empat campuran 28 unit, dan 150 sepada motor.

Ile Labalekan merupakan satu dari lima unit kapal perintis milik pemerintah yang dioperasikan oleh ASDP di wilayah timur Indonesia.

Ile Labalekan merupakan nama gunung tertinggi di Pulau Lembata yang terletak di perbatasan antara Kecamatan Nagawutun dan Wulandoni Kabupaten Lembata. (bp)

Komentar ANDA?