KMP Labalekan Akan Dikelola ASDP

0
251

KUPANG. NTTsatu.com – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Feri Labalekan bantuan pemerintah pusat untuik masyarakat Nusa Tengara Timur akan dikelola oleh PT Anggkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Kupang.

“Kapal Feri bantuan pemerintah pusat atas usulan Pemerintah provinsi NTT untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini sudah tiba di Kupang perengahan Juli lalu. Kapal itu diberi nama KMP Feri Labalekan yang merupakan sebuah gunung tertinggi di Pulau Lembata,” kata Kepala Dinas Perhubungan NTT, Richard Djami di Kupang, Selasa, 04 Agustus 2015.

Ricahrd yang ditemui di kantornya itu menjelaskan, KMP Feri Labalekan itu berkekuatan 750 grsis tonaes (GRT) akan dipergunakan untuk melayani rote Bolok – Ansisi Pulau Semau – Pantai Baru – Pulau Ndao di Kabupaten Rote Ndao, PP. Kapal ini akan diserahkan kepada PT ASDP cabang Kupang untuk mengelolanya.

“Memang kita rencanakan untuk melayani rute seperti itu, namun semuanya tergantng pada operator yakni PT ASDP. Mereka yang mengkajinya kemudian akan memutuskan untuk melayani rute yang mana. Rute yang akan ditetapkan juga harus bisa menjawabi kebutuhan masyarakat,” kata Richard Djami.

Untuk diketahui, setelah KMP Feri Ile Labalekan ini diserahkan untuk dikelola oleh ASDP maka perusahan ini akan mengelola sedikitnya enam Kapal Feri yakni Labalekan, Ranaka, Ile Ape, Ile Mandiri, Balibo dan Umakalada.

Semenara tiga kapal feri lainnya yang juga bantuan pemerintah pusat untuk melayani masyarakat NTT yakni Sirung, Ile Boleng dan Pulau Sabu dikelola oleh PT Flobamora. Dengan demikian untuk pelayaran di daerah kepulauan ini, sedikitnya dialyani dengan sembilan unit Kapal Feriul. (iki)

======

Kapal Feri di pelabuhan Bolok, Kupang

Komentar ANDA?