Koalisii Besar Muncul, Golkar Tetap Dukung Ahok

0
156
Foto: Bakal calon petahana Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

JAKARTA. NTTsatu.com – Koalisi besar yang dibentuk tujuh DPD  yakni PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PKS. Ketujuh partai ini akan bergerak bersama mencari calon melawan bakal calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah diusung 3 parpol yakni Hanura, NasDem dan Golkar.

Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Fayakhun Andriadi menegaskan koalisi 3 partai pendukung Ahok akan tetap solid. Mereka menyatakan siap mengawal Ahok sampai titik akhir tahapan Pilgub DKI.

“Koalisi Golkar-Hanura-Nasdem-Teman Ahok solid. Surat dukungan resmi dari 3 parpol, di tanda tangani ketum dan sekjen, resmi. Sudah kami serahkan semua ke Bung Ahok,” kata Fayakhun saat dihubungi, Senin (8/8).

Fayakhun menegaskan pihaknya tidak akan membelot dan menarik dukungan terhadap suami Veronica Tan. Sebab, jika pihaknya berubah haluan dan merapat ke koalisi 7 parpol, maka akan menimbulkan opini buruk publik Golkar.

“Dan kami rasa sudah bukan eranya lagi, ada manuver-manuver yang ujug-ujug seperti menarik dukungan, dan sebagainya. Warga DKI sudah cerdas, mereka bisa menilai, kalau ada manuver yang dirasa tidak etis, akan berakibat fatal untuk elektabilitas partai tersebut,” tutupnya.

Seperti diketahui, PDIP, Gerindra, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PKS melakukan pertemuan untuk membahas penjajakan koalisi di Pilgub DKI Jakarta 2017. Hasilnya, mereka bersepakat untuk berkoalisi untuk mengusung calon melawan bakal calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah diusung 3 parpol yakni Golkar, NasDem dan Hanura.

Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio mengatakan, 7 partai sepakat melakukan koalisi. Bahkan, 7 partai ini telah mengusung 7 kriteria bagi bakal cagub DKI yang hendak diusung.

“Di sini kami bertujuh berkoalisi dengan nama koalisi kekeluargaan. Kami di sini bersepakat untuk mencari kriteria pemimpin yang arif, bijaksana, beradab, santun, beretika, bersih dan cerdas,” kata Eko usai melakukan pertemuan di sebuah restoran di bilangan Jakarta Pusat, Senin (8/8).

Dia mengatakan, 7 kriteria ini diusulkan oleh masing-masing partai yang tergabung dalam koalisi kekeluargaan. Menurut dia, dalam Pilgub DKI 2017, mereka sepakat hanya untuk 7 partai, tidak yang lain.

“Insya Allah kita sepakat 7 partai,” kata Eko. (merdeka.com)

Komentar ANDA?