Komisi III Sepakat Gelar Fit and Proper Test Delapan Capim KPK

0
156

NTTsatu.com – Setelah beberapa kali perdebatan, Komisi III DPR RI akhirnya sepakat memproses delapan nama calon pimpinan (capim) KPK hasil dari panitia seleksi yang dibentuk Presiden Jokowi. Delapan nama capim itu akan dilanjutkan ke tahap fit and proper test.

“Sudah diputuskan dalam rapat, pleno fit and proper test capim KPK akan dilanjutkan tanggal 14-16 Desember 2015. Dengan demikian tanggal 16 malam kita sudah memiliki pimpinan KPK (baru),” ucap wakil ketua komisi III Benny K Harman usai rapat di gedung DPR, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Benny mengatakan tidak ada perdebatan atau penolakan dalam rapat yang berlangsung tertutup tadi. Semua fraksi menyatakan setuju untuk menggelar fit and proper test bagi delapan nama capim KPK tersebut.

“Soal penilaian atas fakta dan sejumlah persyaratan yang belum terpenuhi beberapa calon, akan jadi penilaian oleh masing-masing anggota dan fraksi untuk diambil keputusan,” ujar politisi Demokrat itu.

Dengan demikian, ditambah dua nama capim yang sudah fit and proper test lebih dulu yaitu Busyro Muqoddas dan Roby Arya, maka ada 10 nama capim KPK yang diproses komisi III untuk dipilh menjadi 5 nama.

“Untuk selamatkan KPK nggak masalah,” ucap Benny soal komisi III lewati deadline 3 bulan memproses capim menurut UU KPK. (sumber: detik.com)

Komentar ANDA?