Komsos Ruteng Gelar Rekoleksi Pekerja Media

0
416
Foto: Rm Edi Menori, Pr (tengah) Ketua Komsos Keuskupan Ruteng foto bersama awak media peserta rekoleksi

RUTENG. NTTsatu.com – Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) keuskupan Ruteng  menggelar  rekoleksi bagi pekerja Media di wilayah keuskupan Ruteng  di tiga kabupaten Yakni Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Rekoleksi Nini digelar dalam kaitannya dengan Tahun 2017  sebagai tahun Pewartaan.

Kegiatan Rekoleksi untuk  pekerja media di wilayah Keusupan Ruteng yang meliputi Manggarai Raya ini dilaksanakan pada Jumat (10/3). Hadir dalam Rekoleksi tersebut   Silvester Hadir, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Manggarai, Romo Erik Ratu sebagai direktur   Radio Keuskupan Ntala Gewang FM dan Crew Radio, RSPD Manggarai, PMKRI , Seksi Dokumentasi OMK dan Aliansi Jurnaslis On Line Manggarai (AJO).

“Di wilayah Manggarai Timur rekoleksi telah dilaksanakan di kevikepan Borong,” kata Romo  Edi Menori, Pr ketua Komsos Ruteng kepada sejumlah awak media di Aula Keuskupan Ruteng sebelum acara Rekoleksi  dimulai.

Rekoleksi ini dipimpin Rm. Edi  didampingi  Moderator Wakil Komsos Romo Erik Ratu, Pr. Rekoleksi dimulai dengan pemutaran video seorang wartawati yang sedang memotret, meliput dan menggali data di Pasar Inpres Ruteng  kemudian dilanjutkan pendalaman iman sebagai pewarta Tuhan yang sudah direnacanakan kepada setiap insan pekerja media.

Dalam kegiatan rekoleksi penuh nuansa iman katolik tersebut, para peserta merasakan penyegaran kembali sebagai pewarta yang perlu menghayati talenta  yang sudah diberikan Tuhan sebagai Pewarta Katolik  dengan penuh penghayatan atas iman dengan berharap komukasi katolik merupakan kunci dalam penyampaian informasi kepada Umat.

Setelah acara selesai beberapa saran dan masukan disamapaikan , dari radio daerah Kabupaten Manggarai RSPD Ruteng meminta pihak Komsos Ruteng menambahkan slot rohani untuk mempertambah siaran rohani bagi Umat katolik Manggarai bila perlu siaran Misa di hari Minggu On air bagi umat yang tidak mempnyai kesempatan  mengikuti perayaan ekaristi pada hari Minggu.

PMKRI Ruteng meminta Komsos Ruteng mendata kasus kemanusiaan   dan bekerja sama dengan LBH mengadvokasi kasus kemanusiaan di Manggarai.

OMK Paroki di keuskupan Ruteng berharap dengan kegiatan Rekoleksi tersebut ada tindak lanjut diamana kegiatan-kegiatan diparoki bisa disiarkan atau diberitakan di media.

Sementara Ajo dalam kesempatan tersebut meminta Komsos Ruteng memberikan informasi terkait kegiatan gereja keuskupan Ruteng agar bisa diberitakan dan diskusi bersama selalu dilakukan dalam rangka  menggali dan tukar informasi untuk diberitakan.

Menanggapi  masukan dan saran dari peserta, Romo Edi sebagai ketua Komsos menyampaikan di Keuskupan Ruteng sudah ada komisi-komisi terkait bidang yang sudah disampaikan .

“Kita sudah punya JPIC untuk advokasi masalah kemanusiaan. Keuskupan juga memiliki Radio NG Fm, ada juga majalah Bengkes dan dalam waktu dekat ada website Komsos Ruteng yang masih dirancang,” katanya.

Dia beraharap kerja sama dengan teman-teman wartawan  Manggarai sebagai pewarta Katolik untuk memberikan informasi terkait kegiatan keuskupan Ruteng.

“Kerja kami belum maksimal mohon kerja sama dengan teman-teman pewarta Katolik agar kerja Komsos lebih maksimal,” tambahnya. (mus)

Komentar ANDA?