Korem 161 Wira Sakti Gelar Lomba Pidato Kebangsaan

0
127
Foto: Danrem 161/Wirsakti Kupang, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa sedang menyerahkan hadia kepada para pemenang lomba

NTT.satu.com – KUPANG – Dalam rangka menumbuhkan semangat Nasionalisme dan  kebangsaan, Korem 161/Wira Sakti Kupang melalui Staf Teritorial melaksanakan komunikasi sosial kreatif atau Komsos kreatif berupa lomba pidato kebangsaan yang digelar pada Rabu (12/7) bertempat di Aula Serbaguna Makorem 161/Wira Sakti Kupang.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai sore tersebut dibuka oleh Kasiter Korem 161/Wira Sakti, Kolonel Infanteri Afson Riswandi Sirait, yang mewakili sekaligus membacakan sambutan dari Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M.

Dikatakannya bahwa kegiatan lomba pidato ini dilaksanakan dengan melibatkan peserta anak-anak atau pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) se wilayah Nusa Tenggara Timur yang menjadi binaan Koramil dan Kodim di Jajaran Korem 161/Wira Sakti.

Para peserta melaksanakan kegiatan lomba yersebut secara berjenjang, yakni mulai dari lomba perwakilan antar Koramil setingkat Kodim dan dilanjutkan lomba perwakilan antar Kodim setingkat Korem. Mereka yang menjadi juara di tingkat Korem akan melaksanakan lomba pada tingkat Kodam yang rencana dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2017 bertempat di Makodam IX/Udayana, Denpasar, sebut Kasiter.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggugah dan menanamkan semangat kebangsaan kepada para generasi muda khususnya para pelajar SD dan SMP melalui lomba pidato kebangsaan yang materinya terkait tentang empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, termasuk issue intoleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pantauan di tempat kegiatan menunjukan antusias masing-masing peserta untuk dapat tampil secara baik dan maksimal dengan penguasaan materi yang disiapkan dan berusaha tampil berbeda di antara para peserta.

Koordinator penyelenggara Pasi Komsos Staf Teritorial Korem 161/Wira Sakti Mayor Arm Wahyu Martono menjelaskan untuk tingkat SD diikuti oleh 19 peserta dan tingkat SMP diikuti oleh 20 peserta.

Setelah dilakukan penilaian oleh Tim Juri maka yang keluar sebagai juara pidato pada tingkat SD yaitu, juara I perwakilan Kodim 1603/Sikka, Jeana Maria Chaenterina dari SDK Bhaktyarsa Maumere, juara II perwakilan Kodim 1624/Flotim, Felixia Evania Fendi Larantukan dari SDK Waibalun I, juara III perwakilan Kodim 1612/TTS, Salva Nanra Azzara dari Madrasah Ibtidahiyah Nurulhuda Soe.

Sementara untuk tingkat SMP juara I perwakilan Kodim 1622/Alor, Riko Yan Lado Ae dari SMPN 1 Kalabahi, juara II perwakilan Kodim 1604/Kupang, Grecia Permata Puling dari SMPN 2 Kupang, juara III perwakilan Kodim 1624/Flotim, Sakinah Hudayah dari SMPN 1 Larantuka.

Peserta yang menjadi juara satu sampai tiga di setiap kategori ini akan menjadi duta atau utusan perwakilan Korem 161/Wira Sakti untuk berlomba di tingkat Kodam, ungkap Mayor Arm Wahyu. (Krm/ambu)

Komentar ANDA?