Korem 161 WS Kupang, Gelar Sosialisasi Berantas Narkoba

0
168

KUPANG. NTTsatu.com – Korem 161/Wirasakti bekerjasama dengan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) NTT menggelar sosialisasi terkait pencegahan, pemberantasan,  penyalahgunaan  dan peredaran gelap narkoba (P4DN) kepada prajutit dan PNS di Makorem 161/Wirasakti.

Dalam sambutan Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Heri Wiranto yang dibacakan oleh Kasi Intel Kolonel Inf Toyib Anwari mengatakan maraknya peredaran narkoba sangat memprihatinkan, dan telah merambat dan menjadi isu global.

Bagi Kolonel Toyib Anwari, bahaya narkoba sangat riskan, bahkan untuk Warga TNI-AD, PNS dan keluarganya di lingkup Korem 161/Wirasakti harus menyatakan sikap tegas dalam perangi narkoba, karena dampaknya sangat buruk dalam menghancurkan masa depan generasi bangsa.

“Setiap prajurit TNI-AD, PNS dan keluarganya yang positif menggunakan narkoba, maka kami akan menindak tegas, serta tidakada toleransi,” tegas Toyib.

Adapun sanksi kepada anggota yang terbukti menggunakan narkoba, maka akan diproses sesuai dengan ketentuan UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika baik itu sebagai pengguna, pemakai dan pengedar akan mendapat ancaman hukuman yang berat.

Selain hukuman pidana, anggota tersebut juga akan diberikan hukuman disiplin, dan kode etik sesuai dengan ketentuan militer.

Kepala Seksi Pencegahan BNNP NTT Mohammad T Sidik mengatakan, pentingnya sosialisasi narkoba di lingkup TNI-AD, sebagai garda terdepan dalam pertahanan Negara.

“Kami berupaya dengan melakukan kegiatan sosialisasi, tes urine dan lainnya, sehingga dapat menjangkau semua masyarakat untuk terhindar dari penyalahgunaan narkoba,”ungkap Sidik.

Baginya, khusus bagi tes urine akan dilaksankan secara rahasia, tentunya diatur oleh Seksi Inteligen Makorem, terutama akan dilaksanakan di lingkungan asrama,  yang cukup sulit ditembus oleh instansi lainnya.

“Seringkali para pengguna narkoba bersembunyi pada tempat yang nyaman dan tidak dapat dideteksi oleh instansi kepolisian, dan lainnnya sehingga kemungkinan besar penggeledahan dan razia narkoba akan diarahkan ke sana, tentunya para prajurit harus selalu siap, dan jangan pernah menggunakan narkoba,” jelas Sidik.

Pihaknya berharap agar melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menghindarkan anggota TNI-AD dari bahaya narkoba, serta bersama berkomitmen dalam memerangi narkoba di lingkungannya.(dem)

====

Foto: Ilustrasi narkoba

Komentar ANDA?