Kota Ruteng Hanya Jadi Tempat Transit Wisatawan

0
524
Foto: Kota Dingin Ruteng yang asri

NTTsatu.com – RUTENG – Begitu banyak paket obyek wisata yang ditawarkan di pulau Flores namun kota dingin Ruteng nan sejuk hanya dijadikan tempat transit bagi wisatawan untuk istirahat malam tanpa bertahan sehari menikmati keindahan obyek wisata yang tidak jauh dari Ruteng misalnya kampung Ruteng Puu , puncak Golo Curu , sawah jejaring laba-laba lingko Ratung dan beberapa obyek wisata lainya.

Hal ini dikatakan Angeline Jelita Lomi pemilik hotel Revayah Ruteng salah satu hotel ternama di Kota Ruteng kepada NTTsatu.com kemarin.

Dia mengatakan beberapa wisatawan selalu tiba sore di hotel kemudian di pagi hari melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata lainnya.

“Sore mereka tiba, kadang di pagi harus melanjutkan perjalanan wisata. Mereka menuju Wae Rebo, kampung Bena di Ngada, Kelimutu di Ende dan Labuan Bajo, Manggarai Barat,” katanya.

Melihat wisatawan hanya nginap istirahat di hotel tanpa menikmati obyek wisata , dirinya sangat miris karena selama ini wisatawan hanya menjadikan Ruteng sebagai tempat transit wisata saja.

“Memang kadang sih dalam perjalanan ada yang singgah beli tenun ikat, tetapi yang kita inginkan mereka bisa betah di Ruteng hingga satu dua malam,” katanya.

Dikatakanya, Ruteng punya potensi wisata dan potensi lain yang mesti berbenah agar wisatawan bisa betah dan bertahan hingga satu hari atau dua malam di Ruteng.

Ditambahkanya, sebagai pelaku usaha dia tidak menginginkan kota Ruteng sebagai tanah kelahiran tercinta seperti begini saja tetapi harus memanfaatkan peluang sebagai kota persinggahan para turis atau wisatwan domestik bukan hanya sebagai tempat persinggahan untuk nginap tetapi lebih menjadikan Ruteng sebagai salah obyek penting yang menjadi salah satu tujuan obyek wisata bagi mereka.

Banyak peluang obyek wisata yang tidak jauh dari Ruteng. Agar ramai dikunjungi wisatawan harus ada upaya mempercantik kembali dengan adanya tempat mancing, kolam pemandian, areal persawahan yang luad bisa dijadikan tempat bersepeda bagi wisatawan, atau keunikan lainya yang dapat membuat para turis tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata di Ruteng. (mus)

Komentar ANDA?