KPU Lapor Presiden Soal Persiapan Pilkada 2017

0
136
Foto: KPU Bertemu Presiden Jokowi

JAKARTA. NTTsatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menerima kunjungan pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, KPU melaporkan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2015 sekaligus melaporkan persiapan gelaran Pilkada Serentak tahun 2017.

“Untuk Pilkada 2017 kami laporkan bahwa persiapan sudah on the track sebagaimana yang sudah kami rencanakan dan jadwalkan. Seluruh daerah di 101 daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak anggarannya sudah tersedia. Kalau Pak Menteri (Mendagri) bilangnya sudah mencukupi dan tercukupi,” kata Ketua KPU Juri Ardiantoro di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/8).

Juri menjelaskan dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi itu juga membahas persiapan Pemilu 2019. KPU menyampaikan agar UU penyelenggara bisa didorong untuk selesai pembahasan paling lambat akhir tahun 2016 sehingga persiapan Pemilu 2019 bisa segera dilakukan awal 2017.

“Misalnya verifikasi parpol peserta pemilu dan beberapa yang lain misalnya pemetaan dapil untuk calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan beberapa isu lain yang penting untuk penguatan lembaga negara. Karena itu kami dorong masukan ke dalam revisi UU Pemilu,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, KPU juga menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan KPU se-Asia dan LSM pemerhati Pemilu di Asia. Pertemuan KPU se-Asia itu akan dilaksanakan pada tanggal 22-26 Agustus di Pulau Bali. (Merdeka.com)

Komentar ANDA?