KPU NTT Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2019 

0
321

NTTsatu.com -KUPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT menggelar kampanye damai dalam rangka Pemilu tahun 2019, di jalan El Tari kupang area Care Free Day (CFD),  Sabtu,  22 September 2018.

Kegiatan Deklarasi diawali dengan Pawai  Budaya dengan Tema ” MARI SUKSESKAN KAMPANYE PEMILU 2019 , PEMILU BERDAULAT NEGARA KUAT ” yang mengambil Start di Depan Hotel Cendana dan finish di Halaman Depan Kantor Gubernur, rombongan dipandu drum band dari SMA 7 Kupang.

Ketua Bawaslu NTT, menyampaikan pihaknya telah siap mengawal seluruh tahapan kampanye selama 7 bulan ke depan , dan mengapresiasi kinerja KPU yang selalu bersinergai dengan Bawaslu NTT dan juga masyarakat agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik.

Ketua Bawaslu juga mengharapkan bahwa Deklarasi  tidak sebagai slogan dan seremonial melainkan sebagai upaya dan peningkatan proses pemilu yang lebh baik dan profesioanal yang jauh dari Politik SARA, HOAX dan Politik uang.

“Aturan dan  larangan tetang kampanye terutama Alat Peraga Kampanye (APK) yang harus sesuai, APK  dari KPU  dan sesuai dengan Keputusan KPU dan KPUD , pemasangan APK  harus menaati jumlah dan ukuran serta lokasi pemasangan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Ketua KPU Prov NTT, Maryanti Luturmas Adoe, menyampaikan deklarasi kampanye damai menandai dimualinya tahun kampenye pemilu tahun 2019, kampanye dimulai besok hingga 203 hari ke depan.

“Saya menghimbau pada peserta pemilu untuk patuh dan taat pada ketentuan kampanye serta wajib melaporkan dana kampanye dan menghimbau  untuk melaporkan  LADK pada besok tanggal 23 september batas pukul  18.00 wita”, imbaunya.

Gerakan menolak hoax , kampanye hitam , politisasi SARA dan politik uang , juga harus menjadikan kampanye sebagai Kesempatan pendidikan politi yang baik bagi masyarakat.

“Tanggung jawab kita bersama menjaga suasana pemilu berjalan aman lancar dan damai , kepada pemilih yang ada dalam DCT, saya mengajak untuk menggunakan haknya, karena pemilih yang berdaulat adalah bukti negara kuat,” tegasnya.

Pada acara deklarasi damai juga dilakukan, IKRAR Deklarasi Kampanye Damai, Penandatanganan Prasasti Deklarasi Damai dan Calon anggota DPD,  ketua Parpol dan KPU dan Bawaslu melakukan foto bersama serta melepaskan Burung Merpati sebagai tanda satu tekad melaksanakan demokrasi yang aman, tertib dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut , Ketua dan Komisioner KPU NTT masing masing perwakilan Parpol, Bawaslu NTT dan Ketua DPRD  NTT, Wali Kota Kupang serta segenap undangan..(amb)

 

Foto: Pawai Kampanye Damai yang menandai dimulainya masa kampanye pemilu 2019 yang digelar di Kupang, Sabtu, 22 Septembet 2018

Komentar ANDA?