Kunker di Sumba Tengah, Pj. Gubernur NTT Tinjau Rencana Lokasi Pembangunan PLTS

0
479

NTTSATU.COM — SUMBA TENGAH — Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari dari tanggal 5 sampai 6 Maret di Kabupaten Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.

Memulai kunjungan kerja hari pertama, Selasa (5/3), Pj. Gubernur NTT langsung meninjau Lokasi yang direncanakan akan menjadi tempat Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di Desa Lenang Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Pembangunan PLTS ini merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menyediakan energi bersih yang rendah karbon dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

Pj. Bupati Sumba Tengah, DR. Drs. Jusuf Lerry Rupidara, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan siap mendukung project pembangunan PLTS di kawasan Lenang Umbu Ratu Nggai.

“Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Pj. Gubernur NTT yang telah datang ke tempat kami, terkait rencana pembangunan PLTS. Pada intinya seluruh masyarakat dan pemerintah daerah siap mendukung pembangunan PLTS ini karena ini akan memberikan hasil dan dampak yang baik bagi masyarakat Sumba Tengah bukan hanya pemenuhan kebutuhan listrik saja tetapi juga dapat memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat Sumba tengah,” jelas Pj. Bupati Lerry.

Sementara itu, Direktur Utama Puri Prakarsa Surya Gen, Nasri Sebayang menjelaskan bahwa project ini sudah dimulai dari tahun 2021. “Kami sudah mensurvey seluruh pulau Sumba dan Sumba Tengah yang memiliki radiasi matahari yg sangat baik sehingga lokasi pembangunan PLTS direncanakan dibangun di Kabupaten Sumba Tengah,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan rasa syukur karena masyarakat dan pemerintah daerah semua mendukung perencanaan proses pembangunan PLTS.

“Kami bersyukur karena unsur masyarakat setempat dan pemerintah daerah mendukung project ini sehingga ini adalah semangat bagi kami untuk dapat mulai menjalankan pembangunan ini,” ujarnya.

“Tahap pembangunan konstruksi akan membutuhkan pekerja 6.000 orang tenaga kerja yang akan direkrut secara bertahap dan diprioritaskan perekrutan dari tenaga kerja lokal setempat,” jelas Nasri.

PJ. Gubernur NTT pada kesempatan tersebut menyambut baik project ini dan berharap agar pembangunan PLTS tersebut dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat setempat.

“Saya menyambut baik Project ini karena tidak hanya memberikan pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat kabupaten Sumba tengah tetapi juga dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Sumba tengah untuk itu mari kita dukung pembangunan ini agar segera direalisasikan,” ucap Pj. Gubernur Ayodhia.

Turut hadir pada kegiatan ini Kaban Kesbangpol Prov. NTT, Yohanes Oktovianus, Plt. Kadis Pariwisata Prov. NTT, Johni Rohi, Sekretaris Daerah Kab. Sumba Tengah, Bernardus Tagela, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumba Tengah, Direktur Pertamina _New and Renewable Energy_ Fadli Rahmat. (sipers adpiml)

Komentar ANDA?