Labuan Bajo Ditetapkan Jadi Destinasi Utama di Indonesia

0
224
Foto: Pulau Komodo yang ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata utama di Indonesia

KUPANG. NTTsatu.com – Pulau Komodi, Labuan Bajo di Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur telah ditetapkan Presiden RI, Joko Widodo menjadi salah satu dari sepuluh destinasi utama di seluruh Indonesia.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam ungkapan Selamat Datang pada acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-23 di Kupang, Sabtu, 30 Juli 2016 menyatakan terimakasihnya kepada Presiden RI yang telah menetapkan Komodo dan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo menjadi salah satu dari sepuluh destinasi wisata utama di Indonesia.

“Sebagai Gubernur dan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur, saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah berkenan menetapkan Pulau Komodo, Labuan Bajo sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata utama di Indonesia,” kata Gubernur NTT.

Lebu Raya menyatakan, dengan penetapan ini berarti akan sangat memacuh perkebangan pariwisata di NTT dan akan menggerakan seluruh sector dan pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah ini.

“Kalau selama ini NTT diplesetkan dengan istilah Nasib Tidak Tentu, maka dengan penetapan ini, pelesetan untuk NTT itu akan berubah menjadi New Theritory Tourism,” kata Gubernur.

Untuk diketahui, sepuluh destinasi wisata terbaik di Indonesia yakni

  1. Bali, menempati urutan pertama sebagai destinasi utama, yang tidak pernah kehilangan pesonanya sejak pertama kali dikunjungi selebriti Hollywood dan seniman Eropa pada awal abad ke-20.
  2. Yogyakarta
    Dari istana hingga kuil Budha terbesar di dunia hingga tradisi membatik, inilah tempat terbaik untuk mengetahui budaya Jawa yang sesungguhnya. Bersiaplah untuk tinggal lebih lama karena Yogyakarta juga menawarkan alam yang penuh pesona dan kota-kota kecil disekitarnya yang juga tidak kalah menarik.
  3. Gunung Bromo
    Pemandangan gunung Bromo telah membuatnya mendunia. Berada di bagian timur pulau Jawa, gunung berapi aktif ini merupakan bagian dari sebuah taman nasional dengan rangkaian gunung, danau dan hutan yang menawan, serta budaya unik masyarakatnya.
  4. Bandung
    Berada hanya sekitar dua jam berkendara dari ibukota Jakarta, inilah tempat terbaik untuk menikmati kombinasi antara makanan enak, belanja di factory outlet, dan mengagumi beragam bangunan art deco. Dikelilingi rangkaian pegunungan, Bandung menawarkan pesona alam seperti wisata air panas, danau dan gunung berapi.
  5. Lombok & Gili
    Inilah Bali tanpa gerombolan turis dan pembangunan yang berlebihan. Dengan paduan pas antara budaya dan alam, pulau ini akan memesonamu dengan beragam atraksi yang ditawarkannya. Lepas pantai Lombok terdapat tiga pulau terkenal yaitu Tiga Gili yang menawarkan kehidupan pulau bebas dari kendaraan bermotor.
  6. Pulau Komodo
    Pulau tempat naga dunia terakhir berada ini juga menawarkan rangkaian pantai perawan yang cantik dan kehidupan bawah laut yang menawan. Kota kecil Labuan Bajo merupakan gerbang utama dan dari sini juga kamu dapat berkunjung ke dua pulau lain yang letaknya berdekatan untuk melihat komodo sedang berjalan-jalan di padang rumput.
  7. Danau Toba
    Danau dengan kawah yang sudah tidak aktif ini merupakan salah satu yang terbesar dan tercantik di dunia, sehingga tidak sia-sia kamu menempuh empat jam perjalanan darat dari Medan. Selain pesona alamnya, tradisi masyarakat Batak dengan kain ulos yang cantik dan boneka si gale-gale yang magis akan menunjukkan kekayaan tradisi Indonesia.
  8. Tana Toraja
    Rumah tradisional yang juga disebut Tongkonan dengan bentuknya yang unik, kuburan di dalam gua yang mengawetkan para leluhur secara alami, dan upacara penguburan yang dapat menghabiskan biaya miliaran rupiah adalah tiga hal paling menarik dari Tana Toraja yang berada di dataran tinggi Sulawesi.
  9. Manado
    Ada yang menyatakan orang Manado menyantap segala jenis binatang, dari anjing hingga kelelawar, dan kamu mungkin akan setuju begitu menjejakkan kaki di kota tepi pantai ini dan mengunjungirestoran-restorannya. Selain makanannya yang unik, alam bawah laut Bunaken dan Lembeh adalah tempat-tempat menyelam pertama di Indonesia yang mendapatkan reputasi dunia.
  10. Lembah Baliem, Papua
    Budaya Melanesia mendominasi Papua, propinsi yang berada di kawasan paling timur Indonesia. Temukan contoh terbaiknya di Lembah Baliem dimana budaya suku Dani berkembang selama berabad-abad, tersembunyi dari dunia luar, hingga akhirnya ditemukan oleh ahli tumbuhan asal Amerika sekitar 80 tahun lalu. (bp)

Komentar ANDA?