Larantuka dan Ourem Portugal Jalin Kerjasama

0
215

KUPANG. NTTsatu –Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur (Flotim) menjalin kerjasama dengan kota Ourem, Portugal dibidang pendidikan dan perhotelan. Kedua negara ini akan saling mengirim tenaganya untuk belajar dan bekerja di kedua kota tersebut.

Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin yang ditemu di Kupang, Rabu, ll Maret 2015 menjelaskan, sudah dua kali dia bersama sejumlah pejabat dari Flotim berkunjung ke Portugal. Pertama pada tahun 2012 lalu dan kedua terjadi pada tanggal 18 hingga 27 Pebruari 2015 lalu.

Pada kunjungan pertama, terjadi pada  tanggal 23 Mei 2012 setelah penandatangan Memorandum of Understanding dengan Walikota Ourem, Paulo von Seka   di Gedung Museum Nasional Jakarta. Kunjungan bersama para walikota se Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Kota Ourem itu dilakukan atas undangan Walikota Ourem untuk menghadiri Hari Ulang Tahun kota Uurem

Yosni demikian sapaan akrab Bupati Flotim itu menjelaskan, kerjasama dengan Portugal itu semula melalui pintu sektor Pariwisata Rohani dimana prosesi Semana Santa yang merupakan warisan Bangsa Portugis yang masih hidup dan dihidupkan hingga saat ini di kota Larantuka sungguh menggugah pemerintah Portugal.

Namun kemudian, kerjasama itu meluas dan kini memulai bidang pendidikan dan perhotelan. Calon tenaga kerja baik pendidikan dan perhotelan dari Larantuka akan dikirim ke Portugal demikian sebaliknya tenaga dari Portugal dikirim ke Larantuka.

Sebelum bekerja sesuai profesi masing-masing mereka terlebih dahulu akan belajar bahasa negara masing-masing. Tenaga yang dikirim dari Larantuka akan belajar Bahasa Portugal di Universidade Nova de Lisboa sebelum bekerja. Untuk tenaga perhotelan mereka akan belajar di sekolah Pariwisata di Fatima yang merupakan Sekolah Pariwisata terkemuka di Portugal.

“Mereka di Portugal maunya kita kirim sekarang, namun karena terbentur biaya apalagi APBD Kabupaten Flotim sudah ditetapkan, maka nanti akan dianggarkan pada APBD Perubahan sehingga kerjasama ini sudah bisa berjalan akhir tahun ini,” kata Yosni Herin.

Menurut Yosni, kesempatan emas ini jangan dibiarkan berlalu begitu saja, karena itu dia bersama pimpinan DPRD yang melakukan kunjungan ke Portugal akhir Pebruari lalu sudah sepakat untuk menganggarkan dana tersebut dalam perubahan APBD yang akan dilakukan sekitar bulan September 2015 mendatang. (bop)

Komentar ANDA?