Latihan Posko I Mantapkan Kemampuan Unsur Komandan Dan Staf

0
250
Foto: Danrem 161/Wirasakti Kupang saat menghadiri kegiatan di Kodim Ende

NTTsatu.com – ENDE – Korem 161/Wira Sakti menyelenggarakan Latihan Posko I Kodim 1602/Ende yang bertempat di Aula Makodim setempat selama tiga hari dari tanggal 29 Mei sampai dengan 31 Mei 2017.

Latihan Posko I ini merupakan program kerja dari Staf Operasi Korem 161/Wira Sakti khususnya untuk bidang latihan, yang dilaksankan pada Tri Wulan II Tahun Anggaran 2017.

“Ini merupakan penyelenggaraan kedua di Tri Wulan II, Tahun Anggaran 2017,” kata Kasi Operasi Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf I Kadek Subawa.

Ditambahkannya,  minggu lalu Koren sudah melaksanakan kegiatan ini di Kodim 1625/Ngada, sekarang (29-31 Mei) Kodim 1602/Ende, kemudian pada minggu keempat Bulan Juni giliran Kodim 1627/Rote Ndao.

Permasalahan yang diangkat pada Latihan Posko I ini adalah tentang bencana alam sesuai dengan tema latihan kali ini,  yaitu Kodim 1602/Ende Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah dalam rangka Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam di Wilayah.
Latihan Posko I ini dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam mempelajari suatu permasalahan, mampu memecahkannya, mendapatkan solusi serta yang tak kalah pentingnya berkoordinasi secara baik dengan unsur pemerintah daerah serta instansi terkait bila terjadi bencana alam di wilayah. Seperti saat ini kita skenariokan bahwa di wilayah Ende terjadi gempa bumi. “Bagaimana langkah-langkah menangani bencana gempa bumi tersebut serta apa dampaknya pasca terjadinya bencana,” katanya.

Sementara itu Danrem 161/Qira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., selaku Komandan Latihan saat membuka Latihan Posko I ini dalam
pengarahan menyampaikan, Korem 161/WS merupakan Sub kompartemen strategis di wilayah NTT, dimana sesuai UU Nomor 34 tahun 2004, tentang TNI bahwa dalam tugas operasi militer selain perang TNI mempunyai tugas untuk membantu tugas Pemerintah Daerah, salah satunya adalah dalam menangani  bencana alam yang terjadi di wilayah.

Kemudian disampaikan juga bahwa Latihan Posko I Kodim 1602/Ende yang diselenggarakan mengangkat permasalahan tentang bencana alam gempa bumi seperti yang pernah terjadi di wilayah Ende beberapa tahun yang lalu. Mencermati semua situasi itu maka kita harus berlatih sebagai bentuk  kesiapsiagaan kita di dalam menghadapi dan menangani situasi tersebut, bila terjadi bencana.

Latihan Posko I yang direncanakan berlangsung tiga hari ini dalam skenarionya dilaksanakan dengan memberikan berbagai permasalahan dalam bentuk Ramalan Informasi Latihan atau RIL yang harus dipecahkan pelaku serta adanya dinamika yang seolah-olah menghadapi situasi sebenarnya yang membutuhkan tindakan cepat serta koordinasi dengan unsur terkait.

Pada acara pembukaan latihan tersebut juga mendapatkan perhatian dari Wakil Bupati Ende, H. Djafar H. Ahmad, Kapolres Ende AKBP Ardian Mustakim dan sejumlah Para tmu undangan lain yang terlibat dalam kegiatan ini.(ambu)

Komentar ANDA?