Ledakan Bom Masih Terdengar di Kawasan Teluk Maumere

0
576
Foto: Ilustrasi ledakan bom di laut

NTTsatu.com – MAUMERE – Sejumlah fotografer mancanegara memberikan pujian yang tinggi bagi keindahan bawah laut kawasan Teluk Maumere. Sayangnya, masih sering terdengar ledakan bom ikan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Gemala Hanapal, salah satu fotografer menyebutkan kawsasan Teluk Maumere menyimpan pesona bawah yang laut begitu indah. Banyak karakter yang baru dia temukan di situ. Dia meminta agar masyarakat menjaganya dengan serius, terutama tidak menangkap ikan dengan menggunakan bom.

“Kami menyelam, berpindah dari satu spot ke spot yang lain, dan dengar ada bunyi ledakan. Itu ledakan bom ikan. (Teluk) Maumere terlalu indah, suprise, tapi masih banyak bom ikan,” cerita Gemala kepada media ini, Kamis (14/9) di Pusat Jajanan dan Cinderamata Maumere.

Kesan senada disampaikan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, saat menutup kegiatan Lomba Foto Bawah Laut. Frans Lebu Raya mengaku mendengar banyak cerita dari fotografer mancanegara tentang perilaku bom ikan di kawasan Teluk Maumere.

“Tadi saya dengar cerita dari fotografer, kalau saat mereka meyelam, ternyata ada bunyi ledakan. Apa artinya? Masih ada orang yang membom ikan di wilayah ini,” tutur Frans Lebu Raya.

Gubernur NTT dua periode ini mengatakan pemboman ikan itu sangat dilarang. Bom ikan akan berakibat negatif dan berdampak tidak baik untuk kehidupan biota laut. Teluk Maumere yang begitu indah menurut cerita para fotografer mancanegara, mestinya dijaga dan dirawat.

Dia mengatakan sudah berkeliling NTT untuk mengkampanyekan sebuah gerakan yang disebut gerakan masuk laut. Kampanye itu antara lain agar masyarakat tidak lagi menggunakan bom ikan. Tapi dia kecewa sekali ketika mendengar cerita tentang masih maraknya bom ikan di kawasan Teluk Maumere.

“Saya minta aparat tindak tegas orang-orang seperti itu. Tindak tegas, tidak usah ragu-ragu. Pa Wakil Bupati, teman-teman Forkopimda, ayo tangani masalah ini, buat larangan, sosialisasikan, dan melakukan pengawasan,” ajak dia.

Frans Lebu Raya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sikka untuk menjaga dan merawat kawasan Teluk Maumere. Masyarakat harus ikut berperan dan bertanggungjawab atas pesona bawah laut yang menjadi salah satu keindahan di daerah ini. Keindahan itu memilik daya tarik tersendiri, dan banyak orang akan datang ke Maumere untuk menikmati pesona bawah laut Teluk Maumere. (vic)

Komentar ANDA?