Lembata Jadi Tuan Rumah Harnus Karena Potensi Kelautannya

0
311
Foto:Wakil Gubernur NTT dan Penjabat Bupati Lembata bersama sejumlah pejabat lainnya menekan tombol penembakan kembang api sebagai tanda pembukaan Expo Harnus

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Pemerintah Pusat menetapkan Lembata sebagai tempat diselenggarakan Hari Nusantara (Harnus) ke-17 karena besarnya potensi kelautan daerah ini.

“Karena semangat yang  besar dari masyarakat Lembata yang begitu.gigih berjuang untuk mempromosikan sumber daya kelautan dan budaya bahari di daerah ini dalam kaitannya dengan membangun poros marotim dunia maka pemerintah pusat menetapkan Lembata sebagai tuan rumah perayaan nasional Harnus tahun ini,” kata Rochayati Basra Ketua Bidang Nusantara Expo Harnus ke-17.

Dalam sambutannya pada pembukaan Expo Nusantara di pelataran Pelabuhan Laut Lewoleba, Jumat, 09 Desember 2016 malam, Richayati menjelaskan, untuk expo Nusantara tahun di di Lembata, pantia membangun 135 buah stand, dan yang sudah terisi sebanyak 115 stand.

Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnony mewakili Mendagri dalam sambutannya mengatakan, menjadi sebuah kebanggan yang besar bagi masyarakat NTT dan Lembata karena pemerintah pusat menetapkan Lembata sebagai tempat dilaksanakan Harnus 2016.

“Lembata harus bangga menjadi bagian dari NKRI. Pemerintah pusat memberikan dukungan yang besar untuk memajukan Lembata melalui perayaan nasional Harnus. Karena itu, saya berharap,  Lembata harus membuka diri dengan daerah lainnya sehingha semakin dikenal di seantero Indonedia hingga dunia,” kata Benny Litelnoni

Selain itu, kepada pejabat-pejabat yang datang dari berbagai kementerian di Jakarta Benny berharap setelah melihat kondisi Lembata secara riil ini, harus bisa membuat program dan terobosan untuk membangun Lembata ini.

“Pejabat-pejabat dari pusat yang  datang di Lembata pada Harnus ini harus bisa membuat program utk membangun Lembata, karena Lembata merupakan bagian dari NKRI yang harus dibangun seperti daerah lainnya,” kata Benny.

Kemudian Benny yang juga membaca sambutan Mendagri selaku Ketua Panitian Harnus tahun ini menjelaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan, karena itu pemerintah menetapkan setiap tanggal 13 Desember harus diperingati sebagai Hari Nusantara dan tahun ini merupakan peringatan Harnus yang ke – 17 dan dilaksanakan di Lembata.

Mendagri berharap, dengan peringatan Harnus ini, generasi muda.harus diarahkan untuk mencintai laut karena potensi laut sangat kaya yang dapat menghidupi kehidupan mereka.

“Pemerintah sangat peduli terhadap kehidupan masyarakat pesisir yang masih mengalami kesulitan hidup. Meski demikian masyarakat pesisir telah menjaga dan mengawal wilayah laut dengan sangat baik hingga saat ini,” tulis Mendagri, Tjahyu Kumolo.

Sementara, Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk dalam ucapan selamat datangnya mengatakan, masyarakat dan pemerintah Kabupaten Lembata sangat bangga karena pemerintah pusat mempercayakan daerah ini sebagai tuan rumah perayaan nasional Harnus ke 17 tahun ini.

“Ini momentum yang sangat berharga karena pemerintah pusat yang menetapkan Lembata sebagai tuan rumah Harnus, maka Lembata pasti mendapatkan perhatian besar pasca Harnus ini. Lembata merupakan bagian yang tak terpisahkan dari NKRI, karena itu Lembata juga harus dibangun dengan baik,” kata Manuk.

 

Pesta Kembang Api

Pembukaan Expo Nusantara dalam rangkaian Hari Nusantara (Harnus) ke-17 di Pelabuhan   Laut Lewoleba Lembata, Jumat, 09 Desember 2016 malam diwarnai penembakan 2037 buah kembang api.

Semaraknya suasana pembukaan Expo Nusantara itu membuat ribuan warga Lembata yang memenuhi pelataran Pelabuhan Laut Lewoleba, Lembata berdecak kagum dan sangat menikmati suasana indah di malam itu. (bp)

 

Komentar ANDA?