Lima Cara Aneh Menurunkan Berat Badan

0
216

NTTsatu.com – Memiliki lekuk tubuh yang indah menjadi dambaan setiap wanita. Namun itu tak bisa didapat dengan mudah, bila kita tak mau berusaha. Selain menjaga pola makan, olahraga menjadi salah satu hal yang wajib kita lakukan. Terlepas dari itu semua, ternyata ada cara-cara aneh yang efektif mengurangi lemak di tubuh lho. Penasaran? Berikut adalah lima cara aneh yang bisa bikin tubuh kita langsing, seperti dilansir Allure.

1.Duduk di spot yang tepat

Ketika Anda berada di sebuah perjamuan dengan makanan terhidang di meja, jangan duduk di bagian tengah. Stephen Gullo, seorang psikolog yang juga penulis The Thin Commandments Diet (Rodale) menyarankan kepada untuk duduk di kursi paling ujung. Kenapa?

Dengan begitu, Anda tidak akan makan secara berlebihan. Sebab bila Anda duduk di bagian tengah, semua makanan akan terhidang di sana dan itu akan membuat Anda sudah mengontrol nafsu makan Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda benar-benar mengontrol hasrat Anda untuk melahap semua makanan yang terhidang di perjamuan.

  1. Membaca majalah kesehatan

Anda ingin menurunkan berat badan dengan mudah? Salah satu caranya adalah dengan rajin membaca rubrik kesehatan, baik itu di majalah atau pun situs kesehatan online. Meski terdengar aneh, cara ini cukup efektif untuk membuat Anda lebih memperhatikan kesehatan.

Penelitian juga menemukan bahwa orang yang rutin membaca buletin kesehatan cenderung makan lebih sehat dan menjauhi lemak trans. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk berlangganan majalah kesehatan atau rutin membuka situs kesehatan online. Anda ingin mencobanya?

  1. Mengurangi waktu nonton TV

Duduk terlalu lama di depan TV akan membuat kita makan lebih banyak. Anda suka nonton TV atau bermain dengan ponsel saat makan? Hati-hati, kebiasaan itu bisa bikin Anda tambah gendut.

Serangkaian percobaan yang telah dilakukan oleh para peneliti menemukan bahwa mereka yang suka nonton TV atau bermain smartphone sambil makan cenderung lebih suka ngemil.

Seperti dilansir Daily Mail (3/6), para peneliti mengatakan bahwa perhatian Anda pada makanan memainkan peran penting dalam nafsu makan, jadi bila konsentrasi Anda terganggu saat makan, Anda akan cenderung memiliki nafsu makan yang lebih besar untuk menyantap makanan ringan.

Dalam studi ini, para peneliti melakukan percobaan pertama pada 39 wanita muda dengan berat badan normal. Dan kemudian membagi mereka dalam beberapa kelompok.

Setiap orang diberi makan siang yang sama – sejumlah 400 kalori – yang terdiri dari beberapa item makanan yang disajikan dalam urutan yang tetap, dan mereka diperintahkan untuk makan semua item tersebut.

Satu kelompok diperintahkan untuk bermain game sambil makan dan akan diberi uang jika mereka berhasil memenangkan game tersebut. Kelompok kedua hanya disuruh bermain game sambil makan, dan kelompok terakhir hanya disuruh untuk menyantap makan siang mereka.

Dari hasil percobaan tersebut, para peneliti dari Universitas Birmingham menemukan bahwa peserta yang nonton TV sambil makan, makan lebih banyak biskuit daripada mereka yang makan tanpa gangguan apa pun. Kecenderungan itu meningkat hingga 19 persen
“Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih fokus pada makanan dapat membantu mengontrol nafsu makan,” para peneliti menyimpulkan.

  1. Makan dengan piring kecil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan dengan piring lebih kecil dapat mengurangi asupan kalori harian Anda. Menurut para peneliti dari Cambridge University, cara ini bisa menurunkan konsumsi kalori hingga sepersepuluhnya.

Sebagaimana dilansir Daily Mail (11/9), para peneliti menemukan bahwa hanya dengan mengurangi ukuran piring atau mangkuk, seseorang bisa mengurangi asupan kalori mereka hingga 159 kalori per hari.

Kenapa peneliti menyarankan untuk menggunakan piring yang lebih kecil saat makan? Hal itu dikarenakan kebanyakan orang cenderung mengisi piring mereka sampai penuh, dan tidak berhenti makan sampai piring mereka bersih.

Dengan menggunakan peralatan makan yang lebih kecil, mereka akan menempatkan lebih sedikit makanan di piring mereka.

Bagi Anda yang ingin mengontrol berat badan, cara ini tentu sangat efektif. Ingin mencobanya?

  1. Tidur di ruangan yang dingin

Para peneliti menemukan bahwa tidur di kamar yang dingin dapat membantu menurunkan berat badan karena itu mempercepat metabolisme tubuh. Suhu kamar yang dingin juga akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori untuk menjaganya tetap hangat. Subyek penelitian diberi makanan yang sama untuk memastikan mereka mengonsumsi jumlah jumlah kalori yang sama selama periode empat bulan saat studi berlangsung.

Mereka kemudian diminta untuk tidur dengan suhu kamar yang berbeda; satu bulan pada suhu 18 Celcius, dua bulan pada 23 Celcius dan satu pada suhu 27 Celcius. Para peneliti melihat bahwa saat subyek penelitian tidur pada suhu terendah, tubuh mereka membakar lebih banyak lemak.

Inilah lima cara aneh yang ternyata efektif mengurangi lemak di tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (sumber: merdeka.com)

 

Komentar ANDA?