Lima Cara Mengalahkan Ngantuk Tanpa Minum Kopi

0
134

NTTsatu.com – Siapa bilang hanya kopi yang bisa memberi suntikan energi pada tubuh. Ada banyak makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh jadi lebih berenergi, dan tentunya tidak mengandung kafein. Apa saja? Berikut adalah lima cara mengalahkan ngantuk tanpa kopi.
1. Makan lebih banyak bayam

Vitamin B banyak ditemukan di sayuran hijau, terutama bayam. Itu bisa membantu tubuh mengonversi nutrisi yang Anda makan menjadi energi, menurut Danielle Omar, MS, RDN, seorang ahli diet yang berbasis di Washington, DC. Dengan memenuhi asupan vitamin B yang cukup setiap hari, Anda dapat mengurangi tingkat kelelahan saat bekerja.

2. Mandi sinar matahari

Berdiam diri selama 15 menit di bawah sinar matahari dapat membantu melawan kelelahan, menurut sebuah studi di Belanda. Para peneliti menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari merasa tidak begitu lelah dibanding mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam gelap.

Ketika mata terkena cahaya alami, mereka mengirim sinyal ke bagian otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan kewaspadaan. Dan itu bisa membantu memberi suntikan energi untuk Anda.

3. Berdiri dan berjalanlah

Berjalan bisa menangkal rasa kantuk, kata Chris Repka, Ph.D., seorang profesor kebugaran di Northern Arizona University. Aktivitas fisik dapat meningkatkan denyut jantung, metabolisme, dan aliran darah.

4. Berpikir tentang seseorang yang dikasihi

Berpikir tentang orang yang Anda kasihi dapat memicu reaksi kimia yang meningkatkan kadar gula darah, yang mengakibatkan sentakan energi. Lain kali jika Anda merasa ngantuk, tutup mata Anda dan bayangkan kenangan indah bersama orang-orang yang Anda cintai.

5. Tertawa

Menonton sesuatu yang lucu dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, dan itu bisa meningkatkan energi di tubuh Anda. Hal itu diungkapkan oleh para peneliti Jepang.

Inilah lima cara mengalahkan ngantuk tanpa kopi. Kafein bukan satu-satunya cara untuk melawan rasa kantuk yang Anda rasakan. Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih sehat untuk melawan rasa kantuk Anda. Merdeka.com

Komentar ANDA?