Lima Jabatan Eselon II di Lembata Dilelang

0
354

KUPANG, NTTSATU.com – Lima jabatan eselon dua di lingkup pemerintahan Kabupaten Lembata sudah mulai dilelang dan kini memasuki tahap akhir. Lima Jabatan itu adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Seleksi itu dilakukan oleh panitia lokal di Kabupaten Lembata yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lembata, Petrus Toda Atawolo dengan melibatkan pakar bidang Komunikasi, Prof. Dr. Alo Liliweri, MS dan Psikolog dari Undana, Abdi Keraf.
Prof Alo Lilweri yang dihubungi di Kupang, Selasa, 12 Mei 2015 siang mengakui, pekan lalu dia baru kembali dari Lembata bersama Abdi Keraf untuk melakukan tes wawancara terhadap 15 calon pejabat eselon dua yang melamar di lima instansi yang lowong itu.
Liliweri mengatakan, seleksi dengan melibatkan para pakar yang ahli di bidangnya masing-masng itu sangat benar bukan hanya seorang akademisi saja. Kalau akademisi saja itu mereka hanya bisa mengajar tetapi bukan ahli di bidangnya.
“Saya katakan kepada Sekda, tim seleksi dengan melibatkan para pakar itu sangat tepat. Kalau hanya seorang akademisi ya bisa saja, tetapi dia tidak menguasai benar bidang ilmunya, Kalau pakar memang dia ahli dibidangnya,” kata Liliweri.
Putera Kedang Lembata ini mengatakan, dia bersama Abdi Keaf sudah menjalankan tugasnya dan sudah menyerahkan hasilnya kepada tim seleksi lokal untuk diproses sesuai jalur dan aturan yang telah mereka buat. Namun baginya, semua calon itu kalau dilihat secara umum, mereka memang memenuhi syarat.
Kepala Bidang (Kabid) Mutasi, Pembinan dan Pengawasan pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lembata, Ignasius Ile yang dihubungi melalui telepon selulernya ke Lewoleba Lembata Selasa malam membenarkan hal itu.
Dia menjelaskan, pengumuman lelang jabatan itu sudah dimulai sejak Pebruari lalu. Setelah pengumuman kemudian disusul pendaftaran, Seleksi administrasi, seleksi kompetensi bidang dan manajerial, wawancara akhir.
“Kegiatan-kegiatan itu sudah selesai dan sekarang sedang memasuki tahap penetapan calon sesuai urutan nilai tertinggi dan akan dilanjutkan dengan test kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah. Setelah itu pada tanggal 20 Mei pekan depan, panitia akan melaporkan kepada Sekda Lembata selaku Pejabat yang berwenang untuk diteliti. Kemudian pada tanggal 25 Mei mendatang, Sekda akan menyerahkan seluruh berkas kepada Bupati Lembata untuk menetapkan siapa yang paling pantas menduduki jabatan eselon 2 yang lowong itu,” kata Ignas Ile.
Ignas menjelaskan, dari lima jabatan eselon dua itu, dua diantaranya yakni Kasat Pol PP dan Kepala Badan Penanggulangan Bencaa Daerah sebelumnya dijabat oleh pejabat eselon III, namun karena sekarang sudah ada peningkatan eselonering dari eselon III menjadi eselon II maka harus dilakukan seleksi.
Dia kemudian merincikan, yang mengikuti seleksi mengisi jabatan Kadus Perhubungan dan Kominfo adalah Karolus Kia Burin yang saat ini menjabat Kabag Humas Setda Lembata dan mantan Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Lembata; Blasius Boli yang kini menjabat Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo serta Plt Kadisnya, dan Pasa Blolon Blasius yang sekarang menjabar Kepala Kantor Perijinan Kabupaten Lembata.
Dinas PU diikuti oleh, Silvester Wungubelen yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas PU merangkap Plt. Kadis PU Lembata, Raymundus Beda yang sekarang menjabat Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Lembata dan Yohanes Uring yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lembata dan mantan Sekretaris Dinas PU Lembata.
Dnas Kesehatan diikuti oleh dr. Lusia yang sekarang masih menjabat sebagai Salah Satu Kabid pada Dinas Kesehatan kabupaten Ende, dr. Susan yang adalah seorang dokter umum pada Puskesmas Lewoleba dan Markus Kwihal, SKM yang menjabat sebagai salah satu Kabid pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lembata.
Kasat Pol PP kabupaten Lembata diikuti oleh Kanisius Payong yang menjabat sebagai Kasat Pol PP kabupaten Lembata, Anselmus Asan Ola menjabat sebagai Sekretaris Dins Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Lembata dan Yoseph Buraken yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah diikuti noleh Donatus Boli Lajar yang masih menjabat sebagai Camat Atadei, Wlhelmus Sogen yang menjabat sebagai salah satu Irban pada Inspektorat Wilayah Kabupaten Lembata dan Rafael Betekeneng yang sekarang Camat Lebatukan.
Untuk diketahui tiga jabatan eselon II yang selama ini kosong yakni Dinas Perhubungan dan Kominfo karena Kadisnya Yani Husein terlibat kasus korupsi dan sedang menjabani hukumannya, Dinas PU lowong karena kadisnya Paskalis Tapobali dimutasi menjadi salah satu staf ahli Bupati dan Dinas Kesehatan lowong karena pejabatnya dr, Johny Lao masuk masa purna tugas. (oni)

Komentar ANDA?