Listrik Mulai Nyala di Dusun Panaf

0
156
Foto: GM PT PLN NTT, Richard Safkaur

KUPANG. NTTsatu.com  — Semangat PLN dalam terus menerangi negeri terus dilakukan dengan Penyalaan Listrik di Dusun Panaf, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (27/01).

Untuk melistriki  masyarakat di Dusun Panaf ini, PLN NTT telah membangun jaringan tegangan menengah sepanjang: 3,9 KMS, gardu distribusi 50 kVA, dan Jaringan Tegangan Rendah  1,15 KMS. Pembangunan Jaringan dilaksanakan selama 2 bulan, mulai Desember 2016 sampai dengan Januari 2017.

Dalam sambutan penyalaan listrik yang langsung dinyalakan oleh Sekda Kabupaten Kupang, Hendrikus Paut memberi apresiasi kepada PLN.

“Hari ini disini saya bahagia, kita bisa melihat sinar PLN hadir di Dusun Panaf dan tugas Pemerintah memberi jawaban beberapa kendala disini yaitu, Jalan, listrik, air , saya yakin dengan adanya listrik maka perekonomian disini terangkat, saya Atas nama Pemerintah sangat berterima kasih Atas ketulusan dan pelayanan PLN dalam menyinari panaf,” ungkap Hendrik.

General Manager PT PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat di Desa Lifuleo sehingga Pembangunan Jaringan dapat berjalan dengan lancar.

“Berkat dukungan dari masyarakat juga yang sangat pro aktif dalam membantu PLN dengan merelakan tanah dan pohon – pohon ditebang untuk pembangunan jaringan ini, kita dapat melakukan penyalaan listrik di Dusun Panaf dan semoga dengan hadirnya Listrik, masyarakat dapat menjaga dan khususnya dapat menambah kesejahteraan masyarakat di Dusun Panaf,” kata Richard.

Meskipun  banyak kendala yang dihadapi salah satunya adalah penggalian lubang tiang yang memerlukan 1 atau 2 hari untuk menggali lubang dimana banyak tiang yang harus ditanam diatas tanah karang, tapi tidak menurunkan semangat teman – teman PLN dan masyarakat yang aktif dalam penyalaan listrik dusun tersebut.

Camat Kupang Barat ikut ambil suara sebagai perwakilan masyarakat mengatakan “perasaan saya sangat berbangga dan merasa merdeka setelah 71 tahun, baru pertama kali menikmati listrik, hari ini sangat bersejarah bagi kami, Harapan saya terbangun ekonomi disini dan keadaan kami meningkat”.

Senada dengan hal tersebut, perwakilan penanggung jawab gereja yang menjadi tempat acara, Tomas mengungkapkan rasa syukurnya, “kami masyarakat merasa bahagia ketika kami melihat listrik sudah menyala, karena sebelumnya kami merasa kegelapan dan sekarang kami bersukacita dan bersyukur sudah menyala dan nantinya anak-anak kami hingga cucu kami bisa menikmati,” ungkap Thomas.

Selain membangun jaringan baru, PLN melalui unit UPP Timor, mengucurkan bantuan dana CSR untuk biaya penyambungan dan instalasi untuk 45 rumah warga di Dusun Panaf ini.

GM Richard menutup acara menyampaikan terima kasih kepada pihak Rekanan yang telah bekerja keras untuk menuntaskan pembangunan jaringan Listrik untuk melayani 45 rumah di Dusun Panaf. (humas pt pln ntt)

Komentar ANDA?