Lobi 30 Menit Berujung Kepastian Munaslub Golkar

0
60

NTTsatu.com – Aburizal Bakrie (Ical) memastikan akan menggelar Musyawarah nasonal Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar setelah mayoritas DPD I sempat tegas menolak. Hal itu dipastikan setelah proses lobi yang hanya berlangsung selama 30 menit.

Saat Rapimnas di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (25/1/2016), pimpinan DPD I berkumpul di Komisi A yang membidangi organisasi. Dalam rapat itu, pandangan umum DPD I masih seperti semalam.

Awalnya, rapat berlangsung tertutup. Di tengah-tengah, awak media diminta masuk ke dalam ruangan.

Mayoritas DPD I menolak pelaksanaan Munaslub. Ada pula yang menolak namun menyerahkan keputusan ke ketum.

Ketua Penyelenggara Rapimnas Nurdin Halid yang duduk di kursi pimpinan rapat, lalu menyimpulkan bahwa mayoritas DPD I mengembalikan keputusan ke Ical. Dia pun mengibaratkan pengambilan keputusan soal Munaslub ini bagai permainan sepak bola.

“Saya tawarkan solusi, yang tendang bola ketum, oper kiri kanan, biar ketum golkan,” ucap mantan Ketum PSSI ini.

Nurdin lalu mengajak para ketua DPD I untuk melobi Ical di ruangan VIP. Di sana, Ical dan para pengurus DPD I duduk melingkar. Ada pula Nurdin dan Yorrys Raweyai.

Awak media hanya mengambil gambar, lalu berlangsung tertutup. Forum lobi dimulai pukul 15.15 WIB.

Tiga puluh menit kemudian, para pimpinan DPD I keluar ruangan. Ternyata, hanya setengah jam yang dibutuhkan Ical untuk meluluhkan penolakan pengurus DPD I.

“Sekalipun yang menolak sangat keras, akhirnya diputuskan hasil lobi ini bahwa Rapimnas, ketum bersama DPD I menyetujui munaslub dengan berpijak kepada keputusan hukum,” ujar Nurdin.

Sekretaris DPD I Golkar Sumatera Utara Sodrul Fuad yang ikut dalam pertemuan lobi mengatakan bahwa Ical memberikan alasan yang meyakinkan untuk Munaslub. Itu disebut sebagai satu satunya jalan.

“Dia meyakinkan kita untuk keselamatan Golkar harus Munaslub. Itu jalan terbaik selamatkan Golkar,” ujar Sodrul.

Sebegitu cepatnya kan untuk mengubah sikap DPD I dari menolak menjadi menyetujui? “Kita patuh,” tambahnya. (sumber: detik.com)

Komentar ANDA?