Lokasi Harnus 2016 di Pelabuhan Laut Lewoleba

0
437
Foto: Pelabuhan Laut Lewoleba yang akan menjadi lokasi kegiatan Harnus 2016

LEWOLEBA. NTTsatu.com – Lokasi penyelenggaraan Hari Nusantara (Harnus) di Kabupaten Lembata pada tanggal 13 Desember 2016 dipastikan berada di Pelabuhan Laut Lewoleba.

Keputusan penetapan lokasi Harnus itu disepakati bersama dalam rapat yang dipimpina Penjabat Bupati Lembata, Sinu Petrus Manuk di Lewoleba, Kamis, 25 Agustus 2016 malam.

Penetapan lokasi itu  dengan sendirnya membatalka penetapan lokasi sebelumnya yang direncanakan di Watomiten, Desa Bour, Kecamatan Nubatukan.

Penetapan lokasi Harnus 2016 itu kemudian ditandatangani dalam sebuah berita acara untuk dilanjutkan kepada Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi NTT.

Petrus Manuk menjelaskan, penetapan ini juga berdasarkan Hasil survey lapangan yang dilakukan Tim TNI Angkatan Laut, Tim Kemendagri dan Tim Pemkab Lembata.

Menurutnya, lokasi pelabuhan laut lewoleba merupakan lokasi yang sangat representative dan bisa menampung rubuan orang ketimbang di Watomiten yang direncanakan sebelumnya.

Hal lain yang menjadi pertimbangan  untujk menetapkan lokasi Harnus di Pelabunan Laut Lewoleba karena lokasi ini lebih mudah dijangkaui masyarakat, dan lahan yang ada adalah lahan milik Pemkab Lembata sehingga segala fasilitas yang dibangun di atas lahan itu akan menjadi asset pemkab Lembata.

Sementara di Watomiten letaknya sangat jauh sehingga menyulitkan masyarakat untuk menghadiri Harnus tersebut. Kemudian lokasinya tidak bisa  menampung ribuan orang, pekerjaannya menjadi sangat berat serta yang terutama adalah lahan yang ada adalah lahan milik masyarakat dan sebuah yayasan. (bp)

Komentar ANDA?