Lokasi Puncak Harnus di Pelabuhan Lewoleba Bukan di Watomiten

0
174
Foto: Sekda Lembata, Petrus Toda Atawolo

KUPANG. NTTsatu.com – Ketua Panitia Kabupaten untuk Hari Nusantara 13 Desember 2016 mendatang, Petrus Toda Atawolo menegaskan, lokasi puncak Hari Nusantara (Harnus) akan dibangun di Pelabuhan Lewoleba bukan di Watomiten, desa Bour Kecamatan Nubatukan seperti yang diusulkan Bupati Lembata.

Dihubungi NTTsatu.com melalui jaringan telepon dari Kupang, Rabu, 08 Juni 2016 malam, Atawolo yang juga Sekda Lembata ini mengatakan, Pantia Harnus tingkat Kabupaten, Provinsi dan pusat sudah menyatakan lokasi Harnus itu di pelabuhan Lewoleba bukan di Watomiten.

Dalam pertemuan panitia beberapa waktu lalu di Kupang lanjut Atawolo, sudah diputuskan bahwa lokasi puncak Harnus di pelabuhan dengan berbagai pertimbangan yang sangat masuk akal dan sangat mendasar.

Pertimbangan itu antara lain, lokasi pelabuhan itu milik Pemda, lahannya luas untuk bisa menampng ribuan orang, pintu masuk Kota Lewoleba, dan muda dijangkaui masyarakat Lewoleba dan dan dari berbagai daerah yang ingin menghadiri puncak Harnus terse but.

Sementara di Watomiten, jaraknya jauh sekita 17 kilo meter dari kota Lewoleba, lahanya milik masyarakat dan yayasan, lahan tidak memadai untuk menampung ribuan orang dan sulit dijangkaui masyarakat yang ingin men ghadiri puncak acara Harnus yang dihadiri Presiden Jokowi.

“Kalau di pelabuhan sangat strategis. Dana yang dianggarkan pemerintah pusat untuk menata lokasi hari puncak itu sebesar Rp 10 miliar nanti akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan semua yang dibangun di lokasi itu akan menjadi milik Pemda karena berada dilahan milik Pemda, Beda dengan kalau di Watomiten, akan diapakan fasilitas, sarana dan prasana  yang dibangun di lahan milik masyarakat dan yayasan itu?,” kata Atawolo.

Dia juga menegaskan, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya sebagai pengarah Provinsi juga sudah menegaskan, lokasi Harnus itu akan dibangun di seputaran Pelabuhan Lewoleba.

Kemudian lanjut Atawolo, sikapn panita pusat, pembangunan segala fasilitas itu akan dikerjakan hanya dalam waktu sebulan, Jadi mereka baru akan mulai bekerja pada bulan Oktober atau November. Karena itu lokasi yang ada sudah sangat siap untuk dibangun tidak perlu lagi biaya lain-lain dibandingkan dengan si Watomiten.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, Harnus ini akan dihadiri sekitar 5000 orang yang datang dari berbagai daerah. Karena hotel yang ada di Lewoleba tidak akan bisa menampung ribuan orang itu maka, panitia  tingkat pusat sudah menggagaskan para undangan dari pusat dan berbagai daerah akan menginap di atas kapal-kapal yang disiapkan Panitia Harnus tingkat pusat. (bp)

Komentar ANDA?