Lomba Pidato di KPU Sikka, Marianus Marton Singkirkan 39 Peserta

0
417

NTTsatu.com MAUMERE – Marianus Marton, pelajar SMAK Santo Petrus Kewapante berhasil keluar sebagai pemenang lomba pidato pemilihan umum yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Sabtu (21/4). Dia berhasil menyingkirkan 39 peserta dari berbagai SMA/SMK di Kabupaten Sikka. 

Dewan Juri yang terdiri dari Pater Amandus Klau dari STFK Ledalero, Jonas K. Gobang dari Unipa Maumere, dan Robertus Adi Sarjono dari IKIP Muhammadiyah memberikan nilai 296,7 kepada Marianus Marton. Dia berhak membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp 1 juta.

Sementara juara dua direbut Angelus Deo dari SMAS John Paul II dengan total nilai 282,3. Dan juara tiga jatuh kepada Yohanes Lakunawa dari SMAK Bhaktyarsa Maumere yang memperoleh nilai 262,6. Juara dua dan tiga masing-masing mendapat uang pembinaan Rp 750.000 dan Rp 500.000.

Lomba pidato ini diikuti 40 peserta dari 20 SMA/SMK di Kabupaten Sikka. Setiap sekolah mengutus dua orang peserta. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) NTT serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sikka kepada para pelajar yang merupakan pemilih pemula.

Tampil sebagai peserta ke-23, Marianus Marton seolah memberi warna baru dari peserta-peserta sebelumnya. Meski sempat membawa naskah pidato ke atas panggung, Marianus Marton tidak sedetik pun melirik naskah pidato. Dia berbicara lugas tentang Pilgub NTT dan Pilbub Sikka dengan mengambil substansi dari sudut pandang pemilih pemula. Marianus Marton membidik dua sisi pemilih pemula dalam satu tajuk “Pemilih Pemula: Dilema dan Galau”.

Pria gempal bertubuh pendek ini betul-betul memikat dewan juri dan audiens. Ketua KPU Sikka Vivano Bogar beserta komisoner Feri Soge dan Jufri juga dibuatnya terpana. Pidatonya mengalir sangat terstruktur, dengan intonasi yang begitu terjaga. Dia memainkan gestur dan ekspresi yang cukup kuat, sambil terus mengumbar senyum khas.
Usai tampil kurang lebih 6 menit sesuai durasi yang diberikan 5-7 menit,

Marianus Marton mendapat tepuk tangan meriah dari ratusan audiens yang hadir di halaman Kantor KPU Sikka di Jalan Eltari Dalam. Semua orang yang hadir waktu itu meyakini Marianus Marton bakal menjuarai lomba pidato.

Pada lomba pidato ini, KPU Sikka menyiapkan 4 tema pidato yakni pentingnya pelaksanaan pilkada yang jujur dan adil bagi keberlangsungan pembangunan Kabupaten Sikka, pilkada sebagai sarana pelaksanan kedaultan rakyat Kabupaten Sikka, membangun gerakan sadar pilkada sebagai hak konstitusional warga Kabupaten Sikka, dan peran pemilih pemula dalam menyukseskan Pilbup Sikka yang jujur adil dan bermartabat. Setiap peserta wajib memilih satu dari empat tema yang disiapkan.

Kegiatan lomba pidato yang berlangsung kurang lebih 7 jam ini dipandu Kikan dan Vonny secara bergantian. Alfred Gare dan Valentino Vardam dari Maumere All Star meramaikan suasana melalui hiburan musik. KPU Sikka memberikan puluhan door prize berupa tas sekolah, baju kaos, jam dinding, dan maskot Pilgub NTT.  (vic)

 

Foto: Marianus Marton, pelajar SMAK Santo Petrus sedang menyampaikan pidato pada lomba pidato pemilihan umum di halaman Kantor KPU Sikka, Sabtu (21/4);

Komentar ANDA?