Longsor Di Cibal, Sejumlah Desa Terisolir

0
185

RUTENG. NTTsatu.com – Musim hujan di Kabupaten Manggarai bukan hanya menyebabkan jalan longsor di jalan negara Ruteng-Reo namun longsor juga  terjadi di beberapa jalan lapen menuju beberapa titik Desa di wilayah kecamatan Cibal dan Cibal barat Kabupaten Manggarai menyebabkan transportasi putus total.

Kendaraan roda empat yang mengangkut penumpang dan barang ke desa-desa itu tidak bisa beroperasi karena longsonran yang memutuskan jalur ntransportasi tersebut.

“Ada beberapa jalur belum dibersihkan itu memang benar. Itu kondisi yang terjadi baik   di Cibal bagian  timur yakni di Wae Dolor tidak  bisa dilalui kendaraan roda empat, dan hanya bisa dilalui pejalan kaki. Sementara kendaraan roda dua yang bisa lewat namun harus ekstra hati-hati dan bukan di jalur jalan yang ada, “ kata Yoakim Jehati Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Dapil Cibal, Cibal Barat, Reok dan Reok Barat dari partai Golongan Karya kepada NTTSatu.com, Kamis (25/2).

Yoakim mengatakan, .bukan hanya terjadi di kecamatan Cibal bagian Timur tetapi juga terjadi di kecamatan Cibal bagian barat menyebabkan beberapa desa terisolir karena badan jalan ditutupi  material longsor.

“Longsor juga terjadi  di ruas jalan Copu -Meda -Malip -Nanu-cibal Barat. Longsoran besar  terjadi di pertigaan Copu dan Meda, dan sisa longsoran ini sama sekali belum dibersihkan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai,” katanya.

Dijelaskan Yoakim, dia sudah menghubungi kepala dinas PU, namun dia meminta  bersabar dan menanti exavator karena  loader tdk bisa membersihkan sisa longsoran tersebut.

Sementara Ketut Suatika Kepala Dinas PU kabupaten Manggarai yang dihubungi NTTSatu.com ,Kamis juga (25/2) mengatakan hal yang sama. Dia meminta kesabaran masyarakat Cibal terhadap bencana longsor yang terjadi karena dibutuhkan alat berat yang sesuai untuk membersihkan material longsor di wilayah tersebut.

“Kami harap masyarakat bersabar karena masih diusahakan alat berat excavator karena loader tidak mampu membersihkan material longsoran longsor disana,” katanya. (Hironimus Dale)

====

Keterangan Foto : Yoakim Jehati Anggota DPRD Manggarai

Komentar ANDA?