Lontarkan Lava, Gunung Lewotobi Laki-Laki Status Awas

0
344
NTTSATU.COM — KUPANG — Gunung Api Lewotobi Laki-laki naik status menjadi Awas atau Level IV dari sebelumnya Siaga. Gunung api ini mengeluarkan lava pijar dan letusan hingga membuat warga maupun pengungsi panik pada dini hari Rabu 10 Januari 2024.

 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan perubahan tingkat ini sudah berlaku Selasa, 9 Januari 2024, pukul 23:00 WITA.

Demikian maka tidak diperbolehkan adanya aktivitas apapun dalam radius 4 kilometer (km) dari pusat erupsi gunung api ini dan sektoral 5 km ke arah barat laut – utara.

Hal yang perlu diwaspadai dari gunung di sekitar Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur ini adalah potensi banjir lahar dingin jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Lahar dingin ini bisa turun melalui sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-laki.

Masyarakat dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah jika terjadi erupsi dan hujan abu dan menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kaca mata) apabila berada di luar rumah.

 

Gunung api ini satu-satunya yang berstatus Awas dari total 68 gunung api aktif di Indonesia. Saat ini ada 4 gunung berstatus Siaga (Level III), 19 gunung status Waspada (Level II) dan 44 gunung status Normal (Level I).

Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki di Desa Pulolera juga melaporkan hasil pengamatannya per 6 jam atau dari pukul 18:00-24:00 WITA selama 9 Januari.

 

Laporan itu menyebut adanya 3 kali gempa low frequency dengan amplitudo 7.4-29.6 mm, dan lama gempa 7-17 detik.

Ada 2 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 18.5-37 mm, dan lama gempa 11 detik. Lalu 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 3.7-7.4 mm, dominan 7.4 mm.

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut, juga teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal tinggi sekitar 800-1000 meter dari puncak. ***

Komentar ANDA?